Buleleng Kenalkan Ragam Busana Adat Khas di PKB

Singaraja, koranbuleleng.com | Tim Penggerak-PKK Kabupaten Buleleng Kabupaten Buleleng menunjukkan ragambusana khas Buleleng dalam Pesona Utsawa Busana Adat pada Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIV, Sabtu 6 Juli 2024.  

Buleleng menampilkan beragam busana adat yang khas seperti Ngeraja Singa, baju adat ke pura, baju adat ke kantor, baju Pecalang Tridatu, baju pengantin, menek bajang, dan menek kelih khas dari Padang Bulia.

- Advertisement -

Kepala Bidang Lembaga Kemasyarakatan Desa, Adat, dan Usaha Ekonomi Masyarakat Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Buleleng, Ni Made Banu Deviati mengatakan kegiatan ini dimanfaatkan sebagai ajang untuk memperkenalkan serta melestarikan busana adat yang kaya akan makna budaya.

“Kami berkoordinasi dengan majelis desa adat serta desa-desa tua di Kabupaten Buleleng untuk menampilkan busana-busana adat yang perlu dipertahankan,” ujarnya.

Tidak hanya itu, persiapan untuk acara ini dilakukan dengan intensitas latihan selama dua minggu. Model-model yang berpartisipasi merupakan kolaborasi dari Dinas Kebudayaan, sekolah-sekolah modeling, serta kerjasama dengan Puri Agung Buleleng untuk busana adat. Pertenunan Artadharma juga andil dalam busana kerja yang diperagakan.

“Kami berharap ke depannya dapat terus memperkenalkan lebih dalam lagi mengenai busana adat ini, sehingga masyarakat lebih memahami keberagaman budaya yang dimiliki Kabupaten Buleleng,” tutup Deviati. (*)

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts