Polres Buleleng Turunkan Anjing Pelacak Amankan Pelantikan DPRD Buleleng  

Singaraja, koranbuleleng.com| Jajaran Polres Buleleng bersiap untuk mengamankan pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Buleleng periode 2024-2029 yang akan digelar Kamis 15 Agustus 2024.

Persiapan pelantikan telah mulai dilakukan dengan pemasangan tenda undangan yang ada di halaman kantor DPRD Buleleng. Rencananya tenda tersebut, disiapkan sebagai tempat undangan dan keluarga dari para anggota dewan terpilih tersebut.  Akan ada dua kegiatan yang dilakukan dalam pelantikan tersebut. Yakni, upacara Mejaya-jaya dan pelantikan langsung yang dilakukan di Ruang Sidang DPRD Buleleng.

- Advertisement -

Kapolres Buleleng AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi telah mengatakan untuk pengamanan pelantikan DPRD Buleleng periode 2024-2029 itu, menyiagakan 50 orang personil. Selain itu, dalam pengamanan tersebut juga mengerahkan Unit K9. Pagi hari sebelum pelantikan digelar, anjing pelacak akan dikerahkan untuk melakukan sterilisasi.

“Kita juga lakukan sterilisasi dengan menggunakan alat detektor. Pengamanan mulai dari pagi, mulai dari Mejaya-jaya, sebelum acara nanti kita sterilisasi. Saya juga akan langsung datang kesana,” ujar Widwan, Selasa 13 Agustus 2024.

Widwan menyebut, puluhan personil yang disiapkan itu, akan ditugaskan dalam beberapa pos pengamanan. Dimana sebagian akan ditugaskan di gedung, ada yang bertugas pam tertutup, dan petugas identifikasi. “Ada lima personil identifikasi, pam terbuka 25 orang yang bertugas di sekitar gedung. Pam tertutup enam orang, itu dari intel. Untuk sisanya bertugas di Pam jalur,” katanya.

Terpisah, Plt Sekretaris Dewan (Sekwan) Buleleng, Gede Sandhiyasa mengatakan, jelang pelaksanaan pelantikan Sekretariat DPRD Buleleng telah melakukan segala persiapan. Persiapan tempat pun telah dilakukan. Kini tenda undangan telah dipasang di halaman kantor DPRD Buleleng. Dimana, diperkirakan akan ada 400 orang lebih yang datang untuk menghadiri undangan.

- Advertisement -

“Termasuk parkir juga nanti akan disiapkan. Parkir akan disiapkan di kantor DPRD, kantor Bupati, Rumah Jabatan Bupati dan Gedung Wanita Laksmi Graha. Kita juga siapkan videotron di luar gedung. Nantinya satu anggota bersama keluarga akan dijadwalkan hadir dalam pelantikan itu, ada SKPD dan Perbekel juga kita udangan, kurang lebih 400 undangan,” kata dia.

Sandhiyasa menyebut, selain persiapan tempat, sekretariat juga telah mempersiapkan dokumen untuk penerimaan gaji para anggota dewa. Dimana anggota DPRD Buleleng periode 2024-2025 itu akan langsung menerima gaji pada bulan September. Selain itu, anggota DPRD yang dilantik juga akan mendapat pin. Namun, berbeda dengan sebelumnya pin yang didapat saat ini berbahan kuningan bukan berbahan emas.

“Pin biasa, kita pengadaan pin biasa kuningan. Kalau emas kebetulan di DPA belum ada emas itu, hanya ada kuningan. Kalau pin emas masuk nanti ke Pergub, itu nanti aturannya harus dituruti. Nanti kalau memang ada anggaran akan kita usulkan agar bisa emas, tahun lalu dapat emas. Yang periode saat ini tidak mendapatkan emas,” terangnya. (*)

Pewarta: Kadek Yoga Sariada

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts