Bawaslu Libatkan Mahasiswa dalam Pengawasan Pilkada Buleleng

Singaraja, koranbuleleng.com| Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Buleleng meminta keterlibatan mahasiswa dalam proses pengawasan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Buleleng 2024, untuk memastikan pelaksanaan pemilu yang jujur dan adil.

Ketua Bawaslu Buleleng, Kadek Carna Wirata, menegaskan pentingnya peran mahasiswa dalam mengawal jalannya pemilu. Dengan adanya partisipasi aktif dari mahasiswa, diharapkan tercipta pemilu yang lebih bersih dan transparan. 

- Advertisement -

“Anak-anak muda yang intelek di kampus dapat berperan dalam melakukan pengawasan. Ini adalah bagian dari tanggung jawab mereka sebagai generasi penerus bangsa, agar nantinya pemilihan dapat berjalan sesuai dengan peraturan,” ujarnya.

Carna juga menekankan bahwa pengawasan pemilu bukan hanya tugas Bawaslu semata, tetapi juga menjadi tanggung jawab seluruh elemen masyarakat, termasuk mahasiswa. 

“Pengawasan yang dilakukan oleh masyarakat tentunya punya peran dalam melakukan pencegahan. Mereka dapat melaporkan kepada kami dugaan-dugaan pelanggaran pemilu yang terjadi di masyarakat. Setiap laporan yang disampaikan, baik dalam bentuk informasi awal maupun laporan resmi, akan kami tindaklanjuti sesuai dengan prosedur yang berlaku,” imbuhnya. (*)

Pewarta : Putu Rika Mahardika

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts