KPU Buleleng Verifikasi Ijazah Calon Bupati dan Wakil Bupati

Singaraja, koranbuleleng.com| KPU Buleleng kini tengah melaksanakan tahap verifikasi ijazah dua calon Bupati dan Wakil Bupati Buleleng, yang sebelumnya telah melakukan pendaftaran untuk maju di Pilkada 2024. Verifikasi dilaksanakan dengan langsung mendatangi sekolah dan perguruan tinggi para calon menuntut pendidikan. 

Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana mengatakan, tahap verifikasi ini dilakukan selama tiga hari, mulai Senin, 2 September hingga Rabu, 4 September 2024. Verifikasi ijazah dilakukan mulai tingkat SLTA hingga perguruan tinggi. Dalam pelaksanaan tahapan verifikasi tersebut, KPU Buleleng telah membentuk 10 tim verifikator. 

- Advertisement -

Adapun untuk calon Bupati I Nyoman Sutjidra, verifikasi dilakukan mulai dari sekolah tempatnya ia menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Singaraja. Kemudian di lokasi Sutjidra menempuh pendidikan S1 dan S2 dalam bidang kedokteran di Universitas Udayana. 

Untuk calon Wakil Bupatinya Gede Supriatna, verifikasi dilakukan dilakukan di SMA LAB Unud Singaraja, dan ditempatnya menempuh pendidikan sarjana di Universitas Panji Sakti. 

Sementara untuk calon Bupati I Nyoman Sugawa Korry, verifikasi dilakukan mulai dari sekolah ia menuntut pendidikan di SMEA N Denpasar. Kemudian di dua institusi tempat Sugawa Korry menempuh jenjang sarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Udayana dan Ikatan Akutansi Indonesia. 

Selanjutnya pada jenjang S2 verifikasi dilakukan di salah satu perguruan tinggi di Jakarta. Terakhir untuk jenjang S3 tim verifikator melakukan verifikasi ke Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur. 

- Advertisement -

Sedangkan, untuk calon wakil Bupati Gede Suardana, verifikasi dilakukan mulai dari SMA Negeri 1 Seririt. Kemudian jenjang sarjana di Universitas Pendidikan Ghanesa Singaraja, selanjutnya jenjang S2 dan S3 di Universitas Udayana. 

“Dalam tahap verifikasi ini, kita bentuk 10 tim. Verifikasi kita lakukan dari jenjang SLTA hingga pendidikan di atasnya, terhadap semua bakal calon. Misalnya saya hari ini ke Brawijaya untuk verifikasi ijazah S3 Sugawa Korry, ada juga tim yang lain ke Jakarta,” ujarnya, Senin, 2 September 2024. 

Selain verifikasi ijasah, KPU Buleleng juga melakukan verifikasi bebas hutang dan tidak sedang pailit perusahaan di Pengadilan Niaga Surabaya. Setelah tahapan verifikasi, selanjutnya dijadwalkan tahap perbaikan syarat pencalonan. Perbaikan itu dijadwalkan hingga tangga 21 September 2024. 

“Nanti untuk syarat-syarat yang kurang bisa di dilengkapi, sebelum nantinya ditetapkan sebagai pasangan calon di tanggal 22 September,” kata dia. 

Sebelumnya, pada saat pendaftara KPU Buleleng juga melakukan verifikasi terhadap rekomendasi yang dikeluarkan partai pengusung calon. Persyaratan itu pun, disebut sudah dinyatakan lengkap saat pendaftaran.

Terkait dengan tes kesehatan, seluruh pasangan calon kepala daerah Kabupaten Buleleng telah menuntaskan pemeriksaan di RSU Bali Mandara, 31 Agustus -1 September 2024. (*)

Pewarta: Kadek Yoga Sariada

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts