Kariyasa Dorong Gubernur dan Bupati Terpilih Bangun Fasilitas Olahraga

Singaraja, koranbuleleng.com| Anggota Komisi IX DPR RI I Ketut Kariyasa Adnyana mendorong, kepala daerah terpilih di Pilkada 2024 bisa membangun fasilitas olahraga khususnya di Kabupaten Buleleng.

Hal itu disampaikan politisi asal Kecamatan Busungbiu itu, usai penutupan kejuaraan KMS dan GS Cup, di GOR Bhuwana Patra, Singaraja, Senin 2 September 2024 malam. Kejuaraan yang mempertandingkan cabang olahraga Voli, Basket dan Futsal, dinilai mampu mewadahi minat generasi muda dalam bidang olahraga. 

- Advertisement -

Kariyasa mengatakan, saat ini generasi muda terutama di generasi z, mendominasi 75 persen jumlah penduduk di Indonesia. Pemerintah pun disebut harus hadir, untuk mewadahi kreatifitas generasi muda tersebut. 

Pembangunan fasilitas olahraga yang memadai, disebut akan bisa menghindarkan para generasi muda terpengaruh dengan ke hal kenakalan remaja. “Membantu fasilitas olahraga untuk tempat-tempat yang bisa digunakan generasi muda ini adalah sesuatu hal positif, karena saat ini energi besar generasi muda itu tidak disalurkan hal positif bisa jadi negatif. Jangan sampai nanti ada kasus narkoba, kebut-kebutan yang melibatkan generasi muda,” terang Kariyasa. 

Kariyasa menyebut, nantinya siapapun pasangan calon yang dipilih rakyat di Pilkada 2024, harus bisa membangun fasilitas olahraga yang memadai terutama di Kabupaten Buleleng. Apalagi selama ini, Buleleng selalu bisa menumbuhkan atlet berprestasi yang berlaga di ajang Nasional maupun Internasional. 

“Ini masih dianggap kurang untuk fasilitas olahraga. Maka dari itu sudah disampaikan, kedepan Gubernur dan Bupati yang terpilih itu harus (membangun fasilitas olahraga),” kata dia.

- Advertisement -

Kariyasa menambahkan, selain fasilitas olahraga, pemerintah melalui KONI dan pengkab cabor, diharapkan bisa melakukan pembinaan terhadap anak usia dini. Dengan demikian, bisa menumbuhkan prestasi atlet Buleleng.

“Pembinaan itu, juga harus dilakukan dari anak usia dini dari SD dan SMP, tentu ini yang harus dilakukan. Karena ketika pembinaan bagus kami yakin nanti prestasi olahraga akan bagus,” kata dia.

Ditempat yang sama, calon wakil Gubernur Bali, Nyoman Giri Prasta mengatakan, dalam program mendatang berjanji akan membangun pusat olahraga di seluruh kecamatan di Bali. Bahkan program itu disebut telah dilakukan percontohan di tiga wilayah di Kabupaten Badung. Kedepannya, ia berjanji program tersebut juga akan dibangun di Buleleng.

“Kami punya program bagi anak-anak muda sehingga kedepan ini akan kita bangun. Buktikan nanti, kalau tidak terbukti jangan kasi Giri Prasta pulang ke Buleleng,” katanya. 

Giri Prasta menyebut, untuk masalah anggaran, pembangunan pusat olahraga itu bisa menggunakan dana hibah maupun dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK). “Dari bentuk apapun bisa, bisa hibah atau BKK, itu bisa tetapi jangan sampai melanggar regulasi,” kata dia.(*)

Pewarta: Kadek Yoga Sariada

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts