Koster Giri Tidak Mau Kalah Pilkada, Janjikan PHR 500 Miliar/tahun untuk Buleleng

Singaraja, koranbuleleng.com| Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali pada Pilkada serentak 2024 semakin seru. Pasangan calon terus bergerilya ke masyarakat. 

Seperti pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, Wayan Koster-Giri Prasta menggelar kampanye di tiga lokasi di Buleleng, yakni Desa Dadap Putih, Kecamatan Busungbiu, Desa Banjarasem, Kecamatan Seririt, Desa Sanggalangit, Kecamatan Gerokgak, Minggu, 29 September 2024.

- Advertisement -

Kampanye Koster Giri juga menggandeng paslon Bupati dan Wakil Bupati Buleleng, Nyoman Sutjidra dan Gede Supriatna. 

Kedua pasangan calon itu, disambut oleh teriakan dari ribuan masyarakat yang hadir. Ribuan masyarakat meneriakkan yel-yel pemenangan dua pasangan calon tersebut. Selain itu, mereka juga mengacungkan dua jari yang merupakan nomor urut kedua pasangan tersebut. 

Kampanye paslon nomor urut 2 ini juga mengajak sejumlah musisi Bali untuk menghibur warga yang hadir saat kampanye, seperti Jhoni Agung and Double T, Bagus Wirata. 

Hiburan tradisional berupa joged juga disuguhkan untuk warga. Tak tanggung para kandidat yang diusung PDI Perjuangan dan mitra parpol lainnya juga menari diatas panggung. 

- Advertisement -

Giri Prasta sempat menyanyikan lagu Selem Badeng Mepipis. Kedua pasangan calon itu berjoget diatas panggung, bersama penari, penabuh, serta simpatisan. Giri Prasta juga diserbu para pemuda sekaa penabuh yang meminta foto dengannya.

Di Desa Banjarasem, kampanye yang digelar di gedung serbaguna desa setempat itu, dihadiri ribuan masyarakat. Pasangan yang diusung PDI Perjuangan itu, tiba ditempat acara pada pukul 14.30 Wita. 

Wayan Koster mengutarakan akan membangun Bali dengan visi Nangun Sat Kerti Loka Bali. Ia menjanjikan, akan membangun infrastruktur terutama di Kabupaten Buleleng. Pembangunan yang dijanjikannya, diantaranya melanjutkan pembangunan Shortcut, Pelabuhan Sangsit, di Desa Sangsit, Kecamatan Sawan dan Pelabuhan Celukan Bawang, di Kecamatan Gerokgak.

Koster menyebut, untuk pembangunan Pelabuhan Sangsit saat ini sudah masuk perencanaan. Bahkan pembangunannya pun disebut bisa dilakukan pada tahun 2026 mendatang. “Pelabuhan Sangsit akan dibangun sudah selesai perencanaan, tahun 2026 (pembangunan). Pelabuhan Celukan Bawang akan dikembangkan,” katanya. 

Di Buleleng, pasangan itu juga menjanjikan akan membangun industri olahan pertanian. Pembangunan itu disebut untuk mengakomodir, produk hasil pertanian di Buleleng. Selain itu, pasangan itu juga menjanjikan akan menggratiskan pajak pertanian. 

“Karena Buleleng terkenal dengan pertanian, rambutan, garam, anggur, bekul. Semua akan dibangun untuk memajukan Buleleng,” kata Koster didampingi Giri Prasta. 

Koster menyebut, jika terpilih nanti ia juga menjanjikan kesehatan dan pendidikan gratis. Politisi asal Kecamatan Tejakula itu, untuk bidang pendidikan akan di gratiskan dari jenjang SD hingga SMA/SMK. “Program pendidikan, SD, SMP, SMA dan SMA gratis. Nanti dananya, ada dana APBD Provinsi dan Kabupaten,” ucapnya. 

Koster menargetkan, pada Pilkada 2024 ini, menang di Kabupaten Buleleng. Namun ia tak merinci, berapa persen kemenangan yang ditargetkan. Ia meyakini, masyarakat akan memilihnya kembali pada perhelatan Pilkada kali ini. 

“Jele melah (bagus atau tidak), nyame gelah. Sube ade Gubernur ngengken milih ne len (sudah ada Gubernur ngapain milih yang lain). Pokoknya Koster-Giri, Sutjidra-Supit. Saya yakin orang Buleleng pasti milih Gubernur dari Buleleng. Yang penting menang (target),” kata dia. 

Pernyataan itu juga ditimpali calon Wakil Bupati Buleleng, Gede Supriata. “Sube ade ne ganteng ngeken milih ne jelek. (Sudah ada yang ganteng ngapain milih yang jelek),” katanya.  

Ditempat yang sama, calon Wakil Gubernur Bali Nyoman Giri Prasta mengatakan, akan menjamin jika terpilih Pajak Hotel dan Restoran (PHR) Kabupaten Badung, akan dihibahkan Rp500 Miliar per tahunya untuk Buleleng. “Saya jamin kalau terpilih. Minimal 500 miliar PHR Badung, diberikan untuk Buleleng,” ucapnya. 

Giri Prasta optimis, pihaknya yakin akan menang di Pilkada 2024. Ia menyebut, tak mau seri apalagi kalah. “De je kalah, sapih sing nyak (jangankan kalah, seripun tidak mau),” katanya.  (*)

Pewarta: Kadek Yoga Sariada

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts