Undiksha jalin Kerjasama dengan Shunan University dan Kouie Elementary School di Jepang

Singaraja, koranbuleleng.com | Rektor Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Prof. I Wayan Lasmawan, bersama tim melakukan kunjungan resmi ke Shunan University dan Kouie Elementary School, Hiroshima City, Jepang, Senin (30/9/2024). Kunjungan ini untuk memperkuat hubungan akademik dan inisiasi kerjasama internasional di bidang riset dan pendidikan.

Di Shunan University, Prof. Lasmawan dan delegasi Undiksha disambut oleh Presiden Shunan University, Prof. Takata beserta jajaran pimpinan universitas. Turut hadir dalam pertemuan tersebut Manager Saikyo Bank Jepang yang merupakan mitra strategis Shunan University. Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak sepakat untuk memperkuat kolaborasi riset, serta memulai program international credit transfer dan double degree yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan memperluas akses mahasiswa dari kedua universitas ke program internasional.

- Advertisement -

“Kami sangat antusias dengan kesepakatan ini karena dapat membuka peluang yang lebih besar bagi mahasiswa dan staf akademik untuk terlibat dalam riset kolaboratif serta memperkaya pengalaman belajar di kancah global,” ungkap Prof. Lasmawan.

Manager Saikyo Bank juga menegaskan komitmen mereka dalam mendukung kerjasama ini melalui peran aktif sebagai mitra industri. Dukungan ini diharapkan dapat memperkuat kegiatan community service serta memfasilitasi penyerapan lulusan dari kedua universitas ke dunia industri, khususnya di Jepang.

Selain ke Shunan University, Prof. Lasmawan dan tim juga mengunjungi Kouie Elementary School di Hiroshima City. Kunjungan ini untuk menginisiasi program observasi dan praktek mengajar bagi mahasiswa prodi pendidikan Undiksha. Kepala Sekolah Kouie Elementary, Dr. Miwako Shinkai yang merupakan penerima penghargaan Kepala Sekolah Berprestasi oleh Kementerian Pendidikan Jepang, secara langsung menyambut rombongan dari Undiksha.

“Kami berharap kerjasama ini dapat memberikan manfaat nyata bagi mahasiswa kami dalam memahami sistem pendidikan dasar di Jepang serta memberikan mereka kesempatan berharga untuk belajar dan mengajar di lingkungan internasional,” ujar Prof. Lasmawan.

- Advertisement -

Kedua kunjungan ini menandai langkah penting dalam upaya Undiksha untuk memperkuat jaringannya di tingkat global dan meningkatkan kompetensi lulusan melalui berbagai program kolaborasi dengan institusi pendidikan dan industri di Jepang. (*)

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts