Debat Pilkada Buleleng Digelar Tiga Kali

Singaraja, koranbuleleng.com|KPU Buleleng merencanakan, akan menggelar tiga kali debat Calon Bupati dan Wakil Bupati Buleleng Pilkada 2024. Debat pertama pun direncanakan akan digelar pada akhir Oktober 2024.

Komisioner KPU Buleleng Putu Arya Suarnata mengatakan, secara konsep yang telah disampaikan kepada paslon, dimana pelaksanaan debat Pilkada 2024 akan digelar sebanyak tiga kali. Untuk debat pertama, KPU Buleleng disebut telah merencanakan akan menggelar debat pada 26 Oktober 2024.

- Advertisement -

“Sebelum itu ditetapkan, kita akan rapatkan dulu bersama pasangan calon. Apakah akan diambil tiga kali debat, atau ada perubahan. Secara petunjuk teknis, debat itu digelar sebanyak tiga kali,” ujarnya, Kamis, 10 Oktober 2024.

Suarnata menyebut, untuk pelaksanaan debat kedua dan ketiga KPU merencanakan, akan melaksanakan pada bulan November 2024 mendatang. Adapun untuk tanggal debat nantinya akan disesuaikan sehingga pelaksanaanya, agar tidak berbarengan dengan kabupaten lain.

Untuk pelaksanaan debat, disebut semuanya akan dilaksanakan di Buleleng. Nantinya, untuk penonton yang datang ke lokasi acara akan dibatasi. KPU Buleleng pun, disebut telah bekerjasama dengan stasiun televisi untuk menayangkan pelaksanaan debat secara langsung.

“Semua (debat) dilaksanakan di Buleleng. Untuk mengajak penonton, ada bahasa dari KPU Provinsi Bali membatasi, untuk jumlah kita akan koordinasikan dengan paslon,” kata dia.

- Advertisement -

Sejauh ini, KPU Buleleng disebut telah mematangkan untuk pelaksanaan debat. KPU disebut telah menyiapkan moderator yang akan mengawal pelaksanaan debat, pembawa acara, hingga panelis debat.

Suarnata menambahkan, untuk panelis disiapkan lima orang dari kalangan akademisi. Dimana empat diantaranya merupakan akademisi dari perguruan tinggi yang ada di Buleleng, dan satu orang dosen dari perguruan tinggi yang ada di wilayah Denpasar.

“Untuk desain dan konsep debat kita akan koordinasi dengan provinsi. Namun secara persiapan mulai perumus, moderator, panelis, dan pembawa secara teknis terkonfirmasi. Panelis semua dari akademisi,” ucapnya. (*)

Pewarta: Kadek Yoga Sariada

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts