Mulia-PAS Megibung bersama Warga, Janjikan Sekolah Berasrama, Rumah Sakit dan Sumur Bor

Singaraja, koranbuleleng.com| Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, Made Muliawan Arya – Putu Agus Suradnyana tak henti-henti menarik simpati massa di Bali utara untuk memenangkan Pilkada Bali. Pasangan yang diberi nama Mulia – PAS itu menggelar kampanye di wilayah Desa Sumberkima, Kecamatan Gerokgak, Jumat 11 Oktober 2024. Disana, pasangan ini megibung atau makan bersama pendukungnya. 

Masyarakat setempat telah menyiapkan makanan yang akan dihidangkan dalam kegiatan megibung itu dengan gaya khas tradisional. Nasi dan lauk pauk dihidangkan di atas nampan yang dibuat dari Klatkat (anyaman bambu) dan daun pisang. Makanan kemudian di tempatkan berjejer, di lantai Bali Desa. 

- Advertisement -

Pasangan yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus itu, tiba dilokasi acara sekitar pukul 11.30 Wita. Mereka juga menggandeng paslon Bupati dan Wakil Bupati Buleleng, Nyoman Sugawa Korry – Gede Suardana. Kedua paslon itu kemudian menyantap hidang lesehan berbaur dengan ratusan warga yang hadir saat kampanye.

Selesai megibung, terlihat Calon Gubernur Made Mulyawan Arya atau De Gadjah beberapa kali diajak warga untuk berfoto.

Selain itu, De Gadjah juga sempat ikut menari dengan penari joged. Meski gerakannya terkesan kaku, hal itu justru menghibur warga. Pendukung dan warga yang hadir memberikan sorakan saat De Gadjah naik untuk ikut menari. 

Calon Wakil Gubernur Bali, Putu Agus Suradnyana mengungkap, megibung ini merupakan salah satu strategi kampanye Mulia-PAS. Apalagi di Kecamatan Gerokgak, disebut banyak warga yang berasal dari Kabupaten Karangasem yang merupakan lokasi awal mula munculnya tradisi tersebut. 

- Advertisement -

Hal itu pun disebut juga sebagai langkah melestarikan budaya. Selain itu, kegiatan Megibung ini juga sebagai uji coba program makan siang gratis yang dicanangkan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Dimana pasangan tersebut, merupakan paslon yang juga diusung oleh koalisi yang mengusung Prabowo-Gibran di Pilpres Februari 2024. 

“Kita bikin metode kampanye yang dekat dengan masyarakat, melestarikan budaya megibung asal Kabupaten Karangasem, apalagi rata-rata warga di Kecamatan Gerokgak berasal dari Karangasem. Program itu (makan siang gratis) program Presiden. Ini Megibung sudah mulai ke arah makan siang gratis juga, untuk menaikan nutrisi mereka,” katanya. 

Suradnyana mengatakan, jika terpilih di Pilkada 2024, ia menjanjikan akan membangun rumah sakit di wilayah Kecamatan Gerokgak. Mengingat warga setempat berada jauh dari Kota Singaraja. Selain itu, ia menjanjikan akan mengembangkan RSUD Buleleng agar menjadi rumah sakit rujukan bagi kabupaten lain di Bali. 

“Selama saya menjabat jadi Bupati, sudah membangun rumah sakit di Giri Emas dan Seririt, sekarang tinggal di Gerokgak. Nanti itu tugasnya pak Sugawa Korry (Calon Bupati Buleleng) kita bantu dari Provinsi,” kata dia. 

Pasangan nomor urut 1 itu, juga menjanjikan membangun sumur bor bertenaga surya. Program itu disebut, untuk membantu pengairan pertanian di wilayah paling barat Buleleng itu. Menurut Suradnyana, potensi air tanah di wilayah Gerokgak cukup banyak karena wilayah berdekatan dengan bukit dan laut. 

“Untuk kesulitan air, sudah menjadi program untuk pertanian lewat sumur bor dengan tenaga surya, sudah saya sampaikan itu,” ucapnya. 

Selain itu, dalam kampanyenya Mulia-PAS juga menjanjikan akan membangun sekolah baru dengan sistem asrama seperti SMA Bali Mandara di wilayah Kecamatan Gerokgak. Nantinya, jika terpilih pasangan itu juga menjanjikan akan menggratiskan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP). (*)

Pewarta: Kadek Yoga Sariada

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts