Undiksha dan Kodim 1609/Buleleng Serahkan Bantuan Wastafel

Singaraja, koranbuleleng.com |  Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) bersama Kodim 1609/Buleleng menyerahkan bantuan dua unit wastafel lengkap dengan tabung pengisian air bagi dua pasar desa di Kecamatan Sawan, Pasar Desa Sudaji dan Pasar Desa Bebetin, Sabtu 16 Mei 2020. Penyerahan bantuan ini sebagai bentuk sinergi dua lembaga untuk membantu pemerintah dalam memutus rantai penularan wabah COVID 19.

Bantuan wastafel ini untuk mempermudah dan mendekatkan masyarakat pada fasilitas umum dalam menjaga kebersihan dan kesehatan diri. Protokol kesehatan penanganan COVID 19 mewajibkan setiap warga untuk melkaukan prilaku hidup bersih dengan melkaukan cuci tangan setiap saat.

- Advertisement -

Penyerahan bantuan dilakukan langsung Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., didampingi Wakil Rektor III, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd bersama Dandim 1609/ Buleleng, Letkol Inf Muhammad Windra Lisrianto. Bantuan tersebut diharapkan memberikan manfaat untuk masyarakat.  

“Aktivitas di pasar cukup ramai. Sehingga perlu ada fasilitas yang bertujuan untuk pencegahan COVID 19,” kata Rektor Jampel.

Pada kesempatan itu, Jampel menegaksan Undiksha sebagai lembaga akademik punya komitmen untuk mendukung pencegahan penyebaran virus corona yang menjadi pandemi bagi dunia. Komitmen ini diperkuat dengan sinergi bersama pemerintah daerah maupun instansi lain, salah satunya Kodim 1609/Buleleng.

Sebagai lembaga teritorial,  KODIM 1609/Buleeng sangat mengetahui kondisi di masyarakat selama pandemi ini. “Dari Kodim memberikan informasi daerah mana saja yang perlu bantuan fasilitas. Itu kami respon. Ini sinergi kami. Kami ingin semua masyarakat sehat,” sambungnya.

- Advertisement -

Pencegahan COVID 19 diharapkan mendapat dukungan dari masyarakat dengan menerapkan protokol sesuai ketentuan, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak sosial, dan menerapkan pola hidup sehat.  “Selain bisa menjaga diri sendiri, kita juga perlu menjaga orang lain,” imbuh Jampel.

Sementara Dandim 1609/Buleleng, Letkol Inf. Muhammad Windra Lisrianto mendukung penuh gerakan yang dilakukan Undiksha ini. Apalagi bantuan yang disalurkan memberikan manfaat pada masyarakat dan tepat sasaran. Pihaknya menegaskan komitmen untuk terus bersinergi dengan lembaga manapun dalam upaya menyelesaikan persoalan di masyarakat. “Tentu kami sangat mendukung hal ini,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, ia juga langsung memberikan edukasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam menerapkan protokol pencegahan COVID 19. “Kami berharap seluruh masyarakat sadar untuk menerapkan itu. Harus ingat pakai masker. Ini demi kesehatan,” ucapnya.

Pendistribusian bantuan ini direspon positif oleh Perbekel Sudaji, I Made Ngurah Fajar Kurniawan karena bantuan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat, terutama yang beraktifitas di pasar.

Ia juga menyampaikan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran COVID 19 terus disosialisasikan kepada warga, termasuk juga dilakukan pembagian masker. “Kami sudah melakukan upaya pencegahan dan terus ditingkatkan. Semoga warga kami selalu dalam keadaan sehat,” imbuhnya.

Sinergi Undiksha dengan Kodim 1609/Buleleng tidak hanya berlangsung kali ini saja. Sebelumnya juga dilakukan penyerahan bantuan wastafel di wilayah Kecamatan Gerokgak dan bantuan masker untuk warga di Desa Pegayaman, Buleleng.  

Selain itu, Undiksha secara khusus juga menyerahkan alat pelindung diri untuk tenaga medis di kabupaten Buleleng dan membagikan masker di sejumlah pasar di Kota Singaraja. Selain itu, juga ada pemberian bantuan sembako untuk mahasiswa dan pegawai yang terdampak pandemi COVID 19. |NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts