Tiga Anggota Polsek Sukasada Positif COVID 19

jumlah pasien yang terkonfirmasi positif COVID 19 dan dirawat di Rumah Sakit Pratama (RSP) Giri Emas masih berjumlah 15 orang. Tiga diantaranya merupakan Anggota Kepolisian dari Polsek Sukasada.

Hal itu disampaikan Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID 19 sekaligus Sekda Buleleng Gede Suyasa, saat memberikan keterangan kepada wartawan melalui teleconference pada Senin, 25 Mei 2020. Dijelaskan, ketiga Anggota Kepolisian dari Polsek Sukasada itu diidentifikasi dengan PDP 62 yang tinggal di wilayah Kecamatan Sukasada, PDP 63 tinggal di wilayah Kecamatan Banjar, dan PDP 64 yang tinggal di wilayah Kecamatan Buleleng.

- Advertisement -

Suyasa menjelaskan jika ketiga Anggota Kepolisian dari Polsek Sukasada ini sudah menjalani perawatan di ruang isolasi RSP Giri Emas, Kecamatan Sawan sejak 23 Mei 2020 lalu. Tim surveilan kemudian melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang pernah melakukan kontak erat dengan ketiga pasien terebut termasuk dengan yang kontak erat dengan PDP 65 seorang pasien dari Wilayah Kecamatan Tejakula.

Hasilnya, tim menemukan sebanyak 63 orang. Dari jumlah itu, kemudian dilakukan pemeriksaan dengan rapid test terhadap 49 orang dan hasilnya non reactive. Sedangkan sisanya sebanyak 14 orang, rencananya akan menjalani rapid test pada Selasa, 26 Mei 2020.

“Sampai saat ini tim surveillance belum memastikan sumber penyebarannya darimana. Dan ini akan terus dikejar, untuk mengetahui tertularnya darimana,” jelas Suyasa.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Buleleng AKBP Made Sinar Subwa enggan memberikan keterangan terhadap tiga orang anggotanya yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID 19. Ia mengaku menyerahkan sepenuhnya kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID 19 Kabupaten Buleleng.

- Advertisement -

“Ini maaf sebelumnya nggih. Karena ini berkaitan COVID 19, jadi saya mengikuti statamen dari Gugus Tugas saja. Biar satu pintu saja. Karena ini kesepakatan dengan Gugus Tugas,” ujarnya melalui sambungan telepon.

Sementara itu, berdasarkan data yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID 19 Buleleng, hingga Senin, 25 Mei 2020 jumlah pasien terkonfirmasi positif yang menjalani perawatan di RSP Giri Emas tetap berjumlah 15 orang. Sedangkan, ada lima orang pasien terkonfirmasi positif yang dirujuk ke Denpasar.

Selain itu, di RSP Giri Emas saat ini juga merawat empat orang dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG). Empat tersebut merupakan hasil tracing dari pasien dengan konde PDP 61 yang tinggal di Wilayah Kecamatan Gerokgak. Ketiganya menjalani karantina karena hasil pemeriksaan dengan rapid test menunjukkan reaktif.

Tim medis juga telah melakukan pemeriksaan swab kepada empat orang tersebut, namun hasilnya belum keluar. Dari empat OTB yang menjalani karantina itu, dua diantaranya merupakan anak-anak masing-masing berusia 11 tahun dan lima tahun. |RM|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts