Undiksha Lirik Pengembangan Sport Tourism di Desa Panji Anom

Pemandangan alam terasering persawahan di Desa Panji Anom |FOTO : Istimewa|

Singaraja, koranbuleleng.com |  Akademisi dari Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja menilai Desa Panji Anom, Kecamatan Sukasada bisa dikembangkan sebagai kawasan sport tourism. Desa ini memiliki memiliki potensi alam yang sangat indah dengan kondisi hawa pegunungan yang masih sangat baik. Tradisi Budaya juga masih terawat dengan tatanan lokal masyarakat setempat.

- Advertisement -

Potensi inilah yang menjadikan akademisi Undiksha berinisiasi mengembangkan desa ini sebagai kawasan sport tourism melalui  Program Pengabdian kepada Masyarakat (P2M). Program ini digerakkan tim terdiri dari Dr. Syarif Hidayat, M.Pd, I Ketut Chandra Adhinata, M.Pd, Ni Made Dwi Sucidartini, M.Pd, dan Dr. Luh Putu Tuti Ariani, M. Fis.

Syarif Hidayat menjelaskan potensi Desa Panji Anom yang dibelah aliran sungai Sudamala mempunyai kesuburan alam dengan bentang terasering persawahan yang sangat indah. Kehidupan ini jauh dari hiruk pikuk kebisingan. Desa Panji Anom juga masih merawat permainan tradisional magoak-goakan. Potensi ini perlu terus dikembangkan semakin maksimal. 

“Potensinya sangat mendukung pengembangan sport tourism. Sehingga kami memberikan pelatihan kepada anggota Pokdarwis agar semakin bisa memanfaatkan potensi daerahnya. Kegiatan ini merupakan tindaklanjut kerjasama antara Pemkab Buleleng dan Undiksha dalam pengembangan wilayah di Daerah Aliran Sungai (DAS) Sudamala,” jelasnya disela-sela memberikan pelatihan, Minggu 19 Juli 2020.

Pelatihan tersebut fokus pada penyusunan aktivitas dan promosi olahraga trekking yang diarahkan dapat berbasis informasi teknologi. Melalui cara ini, jangkauan informasi terhadap wisatawan dapat semakin luas. “Promosi ini dapat menggunakan video atau foto yang menarik,” ucapnya. 

- Advertisement -

Pengembangan wisata berbasis kearifan lokal ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat maupun desa. Pendampingan akan dilakukan secara berkelanjutan, dengan harapan pula usaha wisata di kawasan pegununan ini semakin berdaya saing. “Kami berharap program ini dapat memberikan hasil maksimal untuk desa,” pungkasnya. |NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts