BPJS Ketenagakerjaan Realisasikan Santunan Untuk Ahli Waris

Penyerahan santunan dari BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris |FOTO : Edy Nurdiantoro|

Singaraja, koranbuleleng.com | BPJS Ketenagakerjaan Cabang Buleleng menyerahkan uang santunan secara tunai sebesar Rp 42.000.000 kepada Komang Trisnayanti, ahli waris dari Yudo Pratikno, mantan tenaga kontrak di Pemadam Kebakaran (Damkar) Buleleng.  Santunan didapat pihak keluarga setelah pegawai non ASN tersebut meninggal dunia. 

- Advertisement -

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Buleleng Hery Yudhistira mengatakan,  peserta BP Ketenagakerjaan yang menerima santunan merupakan hak normatif dari setiap peserta. Jadi, ketika terdaftar sebagai peserta, jaminan tersebut menjadi hak mereka.   

“Ini bukan pemberian atau bantuan, inilah hak yang diberikan oleh mereka, khususnya kepada keluarga yang di tinggalkan” ujarnya

Selama ini, penerima santunan yang diberikan kepada pegawai non ASN di Kabupaten Buleleng berjumlah dua orang. Namun untuk kepesertaan mandiri sudah banyak yang menerima manfaat berupa santunan.

Herry menekankan, banyak manfaat sebenarnya diperoleh ketika tenaga kontrak yang bekerja di lingkungan pemerintahan saat terdaftar pada BPJS Ketenagakerjaan.

- Advertisement -

“Di Buleleng penerima santunan untuk non ASN tahun 2020 ada dua orang. Mudah-mudah yang belum tergabung bisa segera bergabung untuk melindungi mereka” imbuhnya

Kepala Dinas Damkar I Made Subur  mengatakan, jika santunan yang diberikan sangat membantu pihak keluarga. Subur mengaku, pegawai non ASN di lingkup Damkar semuanya sudah terserap BPJS ketenagakerjaan.  

Hal itu dilakukan pihaknya agar para pegawai terlindung jika nantinya terjadi musibah yang menimpa.  

“135 pegawai non ASN disini sudah terdaftar, harapnya mereka bisa terlindungi dari program ini” ujar Subur

Sementara itu, Istri penerima santunan  Komang Trisnayanti  mengatakan, meski masih bersedih dengan kepergian suaminya, namun dengan santunan yang diberikan dari BPJS Ketenagakerjaan sangat membantu keluarga. 

“Saya berterima kasih, uangnya saya akan pakai dengan baik,” singkatnya. │ET│

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts