Polres Buleleng Kampanye Pencegahan Covid-19 Lewat Seni

Kampanye pencegahan Covid-19 lewat kesenian |FOTO : Edy Nurdiantoro|

Singaraja, koranbuleleng.com | Jajaran Polres Buleleng  melakukan kampanye edukasi tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan bagi masyarakat luas.  Pesan-pesan kampanye pencegahan penularan Covid-19 dilkaukan lewat kesenian, dengan mempertunjukkan permainan tradisional khas Buleleng, yakni Megoak-goakan.

- Advertisement -

“Didalam memberikan himbauan dan mengedukasi, kami memilih megoak-goakan karena merupakan hal yang bisa menarik masyarakat. Tari ini mempunyai nilai historis, jadi ini bisa menggugah masyarakat Buleleng untuk melakukan perubahan prilaku ditengah Adaptasi kebiasaan baru ini,” ujar Kapolres Buleleng AKBP I Made Sinar Subawa, Minggu 1 Nopember 2020.

Kampanye penerapan protokol kesehatan dengan menggali sisi sejarah akan lebih memberikan manfaat bagi masyarakat dalam geakan bersama melawan Covid-19. 

“Pada intinya pementasaan megoak-goakan ini, yang berperan sebagai raja memerintahkan kepada pasukan goaknya untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.” ujar Sinar.

Kabagops Polres Buleleng Kompol Anak Agung Wiranata Kusuma memerankan ‘Raja Ki Barak Panji Sakti”. Alur ceritanya seperti ini,  Raja juga menggunakan masker untuk menutupi hidung, mulut dan dagu, yang kedua adalah handsanitizer untuk melindungi tangan dari serangan.

- Advertisement -

Kemudian pasukan goak diterima Raja dan disarankan juga untuk memberikan masker serta handsanitizer kepada masyarakat Buleleng. Dalam kesempatan itu,  raja berpesan   kepada pasukan Goak dan seluruh masyarakat Buleleng untuk selalu menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun di tempat air mengalir serta selalu menjaga jarak saat berkerumum.

Dalam kesempatan pementasan permainan megoak-goakan ini, Polres Buleleng juga membagikan sembako tidak hanya kepada pasukan Goak tetapi kepada masyarakat Buleleng yang terdampak Covid-19. │ET│

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts