Dermaga di Pantai Binaria Rusak, Banyak Lubang dan Kayu Lapuk

Dermaga di Pantai Binaria, Lovina sudah banyak lubang dan membahayakan pengunjung |FOTO : Edy Nurdiantoro|

Singaraja, koranbuleleng.com | Dermaga di Pantai Binaria, kawasan wisata Lovina tidak terawat. Kondisinya sudah rusak, banyak sudut yang berlubang.

- Advertisement -

Dermaga sudah mulai miring, sejumlah kayu pagar pembatas sudah ada yang lepas dan lantai dermaga  sudah mulai hilang dan bolong sehingga sangat berbahaya bagi wisatawan yang berkunjung  yang mungkin hendak berfoto di disana.

Dermaga ini dulunya dibangun oleh Pemprov Bali dengan rancangan sandar kapal, namun sejak awal dibangun tidak pernah difungsikan.

Beberapa tahun terakhir, dermaga ini sempat menjadi lokasi selfi bagi sejumlah warga dan wisatawan. Ada juga yang memanfaatkan untuk area memancing.

Kepala Desa Kalibukbuk Ketut Suka mengatakan, pihaknya  telah mengusulkan kepada pemerintah agar dermaga tersebut biasa diperbaiki.

- Advertisement -

“Kita sudah usulkan, kalau ini dibiarkan terlalu lama kan membahayakan. Saya berharap kepada pemerintah yang berwenang agar turun tangan,” ujarnya

Sebelumnya,  kata Suka, pemerintah desa Kalibukbuk pernah melakukan perbaikan dermaga dengan menggunakan dana desa agar tidak membahayakan bagi para wisatawan yang datang, namun hanya sebatas perawatan karena dikhawatirkan menyalahi aturan. Kewenangan untuk perbaikan dan perawatan, kata Suka berada di tangan pemerintah.

Dermaga Pantai Binaria, Lovina |FOTO : EDy Nurdiantoro|

“Maksud kita baik tapi takut nanti jadi salah karena bukan kewenangan kita di pemerintah desa,” sambungnya

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng Made Sudama Diana menegaskan kewenangan pengelolaan dermaga di Lovina kdi tangan pemerintah provinsi Bali.

Namun, kerusakan yang sifatnya tidak permanen pihaknya telah menyerahkan  kepada desa untuk mengelola manfaatnya melalui badan pengelolanya.

“Terkait dengan kerusakan yang sifatnya tidak permanen  ada Badan Pengelola pariwisata untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan. Langkah pertama jika itu membahayakan bagi pengunjung harus segera ditindaklanjuti,” ujarnya.

Sudama Diana menambahkan, kedepan pihaknya akan segera bersurat ke pemerintah provinsi Bali terkait perbaikan perbaikan Dermaga di Lovina. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts