More

    Bawaslu Lakukan Verifikasi Faktual Pastikan Data Pemilih Akurat

    Bawaslu Kabupaten Buleleng melakukan verifikasi faktual untuk memastikan data pemilih akurat |FOTO : i Putu Nova A.Putra|

    Singaraja, koranbuleleng.com| Badan  Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Buleleng melaksanakan uji petik dengan cara verifikasi faktual ke masyarakat untuk memaksimalkan fungsi pengawasan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan tahun 2021. Verifikasi faktual dilakukan di seluruh kecamatan secara bertahap.

    “Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan keakuratan data pemilih” ungkap Anggota Bawaslu Kabupaten Buleleng, Tri Prasetya saat melakukan verifikasi faktual di wilayah Kecamatan Seririt pada Selasa 8 Juni 2021.

    Tri menjelaskan metode yang dilakukan dalam verifikasi faktual ini secara “door to door” atau menjajagi langsung ke rumah pemilih sesuai dengan data sampel yang telah disusun.

    Sampel meliputi data pemilih baru dan pemilih yang tidak memenuhi syarat seperti meninggal dunia yang didaftarkan oleh KPU Kabupaten Buleleng pada daftar pemilih berkelanjutan bulan Maret sampai dengan Mei 2021.

    Kegiatan ini sebelumnya telah dilakukan di Kecamatan Sukasada pada 2 Juni lalu. Komisioner Bawaslu membagi tugas untuk melakukan uji petik.  “Selain itu, untuk memastikan keberadaan pemilih, kami berkoordinasi dengan pemerintah desa agar mendapatkan informasi yang akurat kemudian kami mendatangi langsung pemilih tersebut didampingi oleh aparat desa setempat” jelasnya.

    Pria yang juga selaku Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga ini berharap, daftar pemilih yang dimutahirkan setiap bulannya ini valid dan akurat, sehingga dapat digunakan pada Pemilu mendatang.

    Verifikasi faktual ini dilkaukan dengan mentaati protokol kesehatan karena masih dalam suasana Pandemi COVID-19. |NP|

    Berita Terpopuler

    Related articles