Desa Adat Gelar Ritual Ngrastiti Bakti Mohon COVID-19 Segera Berakhir

Persembahyangan Ngrastiti Bakti di Pura Segara Desa Adat Buleleng |FOTO:Yoga Sariada|

Singaraja,koranbuleleng.com| Prajuru Desa Adat Buleleng menggelar upacara Ngrastiti Bakti, di Pura Segara  Desa Adat Buleleng memohon agar pandemi COVID-19 cepat berakhir, Rabu 14 Juli 2021. Ritual ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Buleleng, dr. Nyoman Sutjidras,Sp.OG bersama pejabat dari forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaen Buleleng, Majelis Desa Adat Buleleng, Dewa Putu Budarsa.

- Advertisement -

Nyoman Sutjidra mengatakan sesuai keyakinan umat Hindu, upacara ini dilaksanakan untuk memohon kepada Ida Bhatara Baruna agar COVID-19 bisa dibersihkan.  Upacara yang sama juga secara serentak dilaksanakan oleh desa adat lainnya di pura kahyangan tiga sesuai dengan instruksi Gubernur Bali.

Pemangku Pura Segara,  Desa Adat Buleleng, Nyoman Sutayasa mengatakan, sarana yang digunakan dalam upacara ngrastiti bhakti ini adalah banten pejati lengkap.  “Piuningnya diungkapkan nguningayang indik kebrebehan jagate sekadi mangkin agar beliau menghapus, menerbangkan atau menghanyutkan penyakit ini. Semua yang muncul dari penyakit ini disirnahkan, agar ciptaan beliau dalam hal ini manusia mendapatkan kasukertaning jagat,” ucapnya.

Sementara Kelian Desa Adat Buleleng, Nyoman Sutrisna mengatakan selain melaksanakan upacara ngrastiti bhakti, desa adat juga menggelar upacara nyejer daksin.  “Nyejer daksina rutin kami lakukan setiap Purnama dan Tilem. Maknanya juga sama, untuk memohon agar pandemi ini cepat berakhir,” terangnya. (Y/NP) 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts