More

    Pembangunan RTH Taman Baca Ditunda

    Lokasi RTH Taman Baca di Jalan Gajah Mada Singaraja |FOTO : Edy Nurdiantoro|

    Singaraja, koranbuleleng.com | Rencana pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Baca di Jalan Gajah Mada, Kota Singaraja  ditunda karena anggarannya terkena refokusing.

    Pemerintah kabupaten Bulelengsebelumnya telah mengalokasikan total anggaran Rp 1,584 miliar. Rinciannya, Rp. 1,5 miliar untuk pembangunan fisik RTH, dan sisanya sekitar Rp. 84 juta untuk konsultan perencanaan dan konsultan pengawas.

    Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Buleleng, Gede Melandrat mengatakan, pada Maret 2020 anggaran pembangunan RTH tersebut di refocusing. Sehingga proyek yang seharusnya sudah dilaksanakan terpaksa ditunda.  

    “Kami ajukan tahun ini namun anggaran tak cukup, sehingga kami tunda dulu pembangunannya,” katanya.

    Setelah dua kali anggaran pembangunan RTH ditunda, pemerintah kembali akan melakukan kajian untuk menganggarkan tahun 2022 mendatang. Hanya saja, kepastiannya sangat tergantung dengan kebijakan pimpinan dan kondisi keuangan pemerintah yang sedang fokus pada penanganan pandemi COVID-19.

    “Kalau misalnya disetujui tahun depan, maka idealnya Januari 2022 akan dilakukan penyesuaian Detail Engineering Design (DED) terbaru. Setelah itu, proses pembangunan  baru bisa dilaksanakan,” pungkasnya. |ET|

    Berita Terpopuler

    Related articles