KMHDI Galang Donasi untuk Korban Bencana

PC KMHDI Buleleng menggalang donasi untukkorban bencana dengan cara menjual pakaian |FOTO:Luh Sinta Yani|

Singaraja, koranbuleleng.com | PC KMHDI Buleleng membuka lapak preloved di Pasar Anyar dan Pasar Banyuasri sebagai upaya untuk mengumpulkan donasi untuk korban bencana banjir di Kalimantan Tengah, pada 24-25 September 2021.

- Advertisement -

Aksi sosial ini dilakukan serentak oleh KMHDI se-Bali. Koordinator aksi  PCKMHDI Buleleng, Komang Putrayasa menjelaskan selama ini banyak masyarakat yang menyumbangkan pakaian bekas tapi layak pakai untuk korban bencana namun tidak pernah sampai di tempat bencana karena biaya kirim yang cukup tinggi terutama di daerah luar Bali. 

Hingga tercetuslah ide untuk menjual pakaian preloved tersebut, dan uang hasil penjualannya akan disalurkan kepada para korban. Harga pakaian dijual dengan harga kisaran lima ribu rupiah sampai sepuluh ribu rupiah.   Promosi juga dilakukan secara online dengan memanfaatkan akun media sosial resmi PC KMHDI Buleleng dan akun media sosial seluruh kader PC KMHDI Buleleng. 

“Di luar ekspetasi, banyak pembeli yang memborong pakaian tersebut,” jelas dputra.

Sementara Ketua PCKMHDI Buleleng, Ni Luh Sinta Yani menjelaskan kegiatan buka lapak preloved untuk donasi korban bencana menjadi terobosan baru dalam penggalian dana.

- Advertisement -

Sebelumnya, aksi penggalangan dana hanya dilakukan dengan turun di jalan membawa kotak donasi dan melalui transfer ke rekening. Selain itu, aksi sosial  ini sangat didukung penuh oleh Perumda Pasar Argha Nayottama, sehingga tidak dikenakan biaya retribusi untuk berjualan di area pasar. 

“Ini bentuk nyata pengimplementasian jati diri KMHDI yakni humanis dan progresif,” ujar Sinta.

Harapannya, dana yang sudah terkumpulkan dapat bermanfaat bagi korban bencana banjir, serta penyalurannya bisa tepat sasaran.|SY|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts