Polhut Tangkap Warga Bawa Daging dan Kepala Kijang

Singaraja, koranbuleleng.com | Kasyanto, warga Desa Sumberklampok, Kecamatan Gerokgak, Buleleng ditangkap Polisi Kehutanan (Polhut) Balai Taman Nasional Bali Barat (TNBB) karena diduga kuat membunuh seekor kijang (Muntiacus Muntjak) dari hasil perburuan liar. Kijang merupakan salahh satu  satwa yang dilindungi. Pelaku ditangkap petugas Rabu 29 Oktober 2021.

Petugas TNBB awalnya melakukan patroli di sekitar hutan dan melihat sebuah sepeda motor terparkir di kawasan TNBB wilayah Prapat Agung, Desa Sumberklampok.

- Advertisement -

Setelah cukup lama, petugas yang tergabung dalam Satgas TNBB itu melihat seseorang mengendap-endap keluar dari kawasan hutan. Setelah diperiksa, ditemukan sebuah karung berisi daging serta kepala kijang yang telah dikuliti.

Petugas juga mengamankan senapan angin yang digunakan pelaku untuk berburu.  Pelaku digiring ke Pos TNBB untuk kemudian diserahkan kepada aparat kepolisian.

Kepala Balai TNBB Agus Ngurah Krisna Kepakisan membenarkan pengungkapan dugaan aksi perburuan liar. Awalnya, Polhut TNBB melakukan patroli dipimpin Kepala Resort Wayan Wiriasa SPTN Wilayah II Buleleng. Biasanya, jika ditemukan sepeda motor terparkir di kawasan hutan adalah milik warga yang sedang mancing.

Namun saat itu, pemilik sepeda motor tidak ada di sekitar lokasi parkir sepeda motor. Sehingga petugas curiga dan melakukan pengintaian.

- Advertisement -

“Benar saja setelah ditunggu tiba-tiba pelaku keluar dari hutan dengan membawa karung berisi daging kepala serta kepala kijang,” kata Agus Ngurah, dikonfirmasi, Jumat 1 oktober 2021

Selama ini pengawasan terhadap warga yang keluar-masuk ke kawasan hutan TNBB cukup ketat. Sehingga setiap orang yang lalu lalang di kawasan hutan akan mudah terdeteksi. Pelaku kemungkinan masuk melalui jalur tikus. Petugas secara rutin patroli bergiliran hingga sore karena memang ada satwa yang dilindungi.

Sementara itu Kasatgas TNBB, I Wayan Grudug Suanegara menambahkan, petugas awalnya berpatroli menuju arah Pantai Prapat Agung. Saat menuju area yang disebut Pangkal Buaya ditemukan sepeda motor mencurigakan. Petugas kemudian melakukan pengintaian hingga akhirnya berhasil menyergap pelaku.

“Saat ini pelaku sudah diserahkan ke Polres Buleleng untuk proses hukum lebih lanjut”ungkapnya. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts