Humas Bawaslu Harus Bangun Narasi Positif Jaga Integritas Lembaga

Anggota Bawaslu Bali, I Ketut Rudia (kiri) bersama pejabat dari Dinas Kominfosanti Buleleng, I Putu Suryada Santi (kanan) dalam rapat kehumasan Bawaslu Kabupaten Buleleng |FOTO : Istimewa|

Singaraja, koranbuleleng.com | Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu telah menjadi badan publik yang harus siap melayani masyarakat sesuai dengan tugas dan fungsi pokoknya, satu diantaranya informasi tentang kepemiluan.

- Advertisement -

Koordinator Divisi Hukum, Humas, Data dan Informasi Bawaslu Bali, I Ketut Rudia meminta sumber daya manusia dalam pengelolaan manajemen kehumasan di Bawaslu menjadi sangat penting untuk menjaga nama lembaga tetap berintegritas.

“Kehumasan harus mampu membangun narasi yang baik atau positif, peran humas harus terjaga dengan baik, serta mampu mendapat respon positif dari masyarakat,” kata Rudia dalam rapat pengelolaan Kehumasan, Peliputan dan Dokumentasi Bawaslu kabupaten Buleleng  Senin 4 Oktober 2021.

Banyak tantangan kedepan yang akan dihadapi dalam pengelolaan kehumasan di tubuh Bawaslu,diantaranya tren kemajuan teknologi. Pria yang juga mantan jurnalis inipun membagikan sejumlah langkah-langkah  dalam membangun kelembagaan kehumasan. Dalam membangun kehumasan ada 4 hal yang dapat dilakukan.  

Diantaranya, menjaga citra lembaga dengan pemberitaan yang baik dan sesuai fakta, membangun relasi dengan media, mengembangkan stakeholder kehumasan serta membangun tune positif di lingkungan lembaga. Diharapkan Rudia dengan langkah tersebut Bawaslu Kabupaten Buleleng dapat membangun strategi kerja kehumasan yang tersusun.

- Advertisement -

Selain Anggota Bawaslu Provinsi Bali, rapat kehumasan tersebut juga menghadirkan pejabat dari Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Buleleng , Anggota Bawaslu Kabupaten Buleleng, Kordinator Sekretariat dan Staf Pelaksana Bawaslu Kabupaten Buleleng.

Kepada Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik I Putu Suryada Santhi menerangkan harus banyak terobosan dan strategi dalam membangun dan menjaga citra positif Lembaga. “Kehumasan adalah kemitraan dalam artian kemitraan kita untuk berhubungan dengan masyarakat dan menghadirkan citra positif lembaga” ujarnya.

Dalam kaitan itu, kata Suryada, pentingnya memanfaatkan media sosial dalam menyajikan informasi kelembagaan, dimana masyarakat buleleng  sendiri lebih banyak bermain di media sosial terutamanya facebook dan Instagram.

Pria yang baru tiga bulan menduduki jabatan kepala bidang tersebut juga kesipaan Kominfosanti untuk bekerjasamadengan Bawaslu Buleleng.  

“Kedepan kami siap berkolaborasi dengan Bawaslu Kabupaten Buleleng untuk menyajikan berita-berita kegiatan di media majalah Singa Manggala baik cetak maupun elektroniknya,” pungkasnya.

Senada dengan Suryada, Ketua Bawaslu Kabupaten Buleleng Putu Sugi Ardana juga menyambut positif kerjasama tersebut.  Terutama dalam penguatan kapasitas SDM kehumasan serta dalam berbagi informasi kegiatan dari Bawaslu Kabupaten Buleleng yang bisa disebarluaskan melalui media yang dikelola di Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng  “Ini jadi kesempatan yang sangat baik sekali, kedepan kita dapat menjalin kerjasama dengan Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng , untuk itu akan segera kita tindaklajuti” ujarnya.

Terkait rencana kerjasama itu, Rudia juga memberi dukungan kepada Bawaslu Kabupaten Buleleng untuk bisa menjalin kerjasama dengan pihak Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng , baik dalam penyerbarluasan berita dan deteksi terhadap berita-berita Hoaks yang ada berkaitan dengan Pemilu dan Pemilihan.  Dia juga mendorong agar Bawaslu Kabupaten Buleleng berinovasi mengadirkan majalah digital sendiri. |NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts