Sutjidra Lantik 46 Orang Relawan Korps Sukarela PMI

Singaraja, koranbuleleng.com| Wakil Bupati Buleleng dr.INyoman Sutjidra, Sp.OG melantik 46 orang relawan anggota Korps Sukarela (KSR) PMI di di Wantilan Prajawinangun, Kantor Bupati Buleleng, Rabu 6 Oktober 2021.

Sutjidra selaku Ketua PMI Kabupaten Buleleng melantik 46 relawan anggota Korps Sukarela (KSR) PMI dari empat unit kelembagaan yaitu Unit KSR PMI Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Unit KSR PMI Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Negeri Mpu Kuturan, Unit KSR PMI Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Buleleng dan Unit KSR Markas PMI Buleleng.

- Advertisement -

I Nyoman Sutjidra mengatakan 46 relawan yang dilantik itu merupakan hasil dari diklatsar selama tiga bulan secara daring. Metode diklatsar secara daring diterapkan karena masih dalam kondisi COVID-19 yang tidak mungkin bisa melaksanakan diklatsar secara langsung. Para relawan pun telah disiapkan untuk benar-benar siap melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan.

“Relawan ini telah siap melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan khususnya di Kabupaten Buleleng,” ujarnya.

Sutjidra menyebutkan pelaksanaan diklatsar menjadikan relawan memahami tugas-tugas di lapangan nantinya. Pemahaman tersebut diperlukan mengingat para relawan PMI Buleleng memikul tantangan yang besar. Karena di Kabupaten Buleleng sendiri memiliki wilayah terluas di Provinsi Bali. Selain itu relawan tersebut juga akan terjun langsung ke lapangan untuk menghadapi bencana alam yang terjadi baik itu kecil maupun besar.

“Sehingga, diperlukan relawan-relawan yang siap melakukan kegiatan kemanusiaan untuk mengatasi dampak dari bencana alam. Misalnya seperti kemarin kan ada kebakaran, banjir, longsor. Para relawan ini pasti hadir,” kata Sutjidra.

- Advertisement -

Untuk penanganan non alam alam saat ini yaitu pandemi COVID-19, para relawan tidak henti-henti melakukan pencegahan. Bahkan, kegiatan PMI Buleleng menjadi yang tertinggi di Bali.

Sutjidra menambahkan, Mengenai jumlah relawan yang dilantik dominan perempuan. ia menyebut selama ini PMI Buleleng telah berupaya mendorong putra-putra di Kabupaten Buleleng untuk menjadi bagian dari relawan PMI Buleleng. namun, untuk saat ini masih ada beberapa relawan putra yang ada di PMI Buleleng. biasanya di dalam bertugas di setiap regunya akan pasti akan ada relawan putra yang membantu.

“Namun, ini tidak menjadi masalah berarti karena yang putri lebih unggul dalam keterampilan di lapangan. Semisal kegiatan resusitasi itu lebih terampil yang putri. Untuk putra lebih ke tenaga,”pungkasnya.|YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts