Wujudkan Mandiri dan Produktif, Pemkab Buleleng Serahkan Bantuan Ternak untuk KUBE

Singaraja, koranbuleleng com | Dinas Sosial Kabupaten Buleleng menyalurkan bantuan usaha ternak untuk kelompok usaha bersama (KUBE) di Buleleng.

Penyerahan bantuan ini bagian dari program tuntas dari Pemkab Buleleng dalam memberdayakan masyarakat agar tetap produktif, mandiri dan menuju kesejahteraan atau pengentasan kemiskinan.

- Advertisement -

Kepala Dinas Sosial Buleleng, I Putu Kariaman Putra mengatakan sebanyak 80 ekor bibit babi disalurkan kepada KUBE di tahun 2021. Jumlah tersebut menyesuaikan dengan kondisi anggaran Pemkab Buleleng dimasa pandemi COVID-19. “Memang tahun ini hanya 8 KUBE yang akan menerima bantuan bibit babi. Namun demikian kami tetap mendorong semua desa untuk membentuk KUBE, dan tahun depan kami upayakan lagi untuk menambah volumenya,” terang Kariaman.

Pola penyaluran bantuan kepada KUBE, berdasarkan usulan dari pemerintah desa. Selama ini, pemdes yang mengetahui potensi desa. “Jenisnya tidak hanya babi saja, ada yang meminta bantuan kambing. Ini tergantung potensi masyarakatnya, jadi dengan demikian kami harapkan bibit yang kami salurkan dapat dikembangkan dengan baik,” ujarnya.

Kariaman juga menerangkan mekanisme monitoring dan evaluasi pasca penyerahan bantuan. Sesuai dengan perjanjian Bersama rekanan, KUBE diberikan jaminan seminggu terhitung sejak bantuan bibit babi diterima. Bilaman bibit babi mati dalam kurun waktu seminggu itu, maka akan segera diganti oleh rekanan. “Kami bersinergi dengan pemerintah desa untuk melakukan monitoring, jika ke depan terjadi penyimpangan terhadap pengembangan bibit babi itu. misalnya disengaja dijual setelah menerima bibit, kami akan alihkan bantuan itu kepada KUBE di desa lainnya,” tegas Kariaman.

Pihaknya berharap KUBE dapat berkembang dan produktif, baik untuk kelompok maupun kesejahteraan keluarganya. Disamping itu, kesukseskan KUBE juga diharapkan mampu memotivasi kelompok lainnya untuk lebih berproduktivitas lagi.

- Advertisement -

Ditambahkan, piihaknya akan terus berupaya mengembangkan inovasi dan sinergitas bersama pemerintah desa serta CSR untuk dapat menuntaskan program pengentasan kemiskinan di Buleleng.


“Kami akan terus meningkatkan produktivitas warga binaan Dinas Sosial Buleleng, baik itu penyandang disabilitas, lansia, ODHA, mantan napi dan juga waria. Sehingga dengan demikian, masyarakat Buleleng dapat berkembang, mandiri dan sejahtera,” pungkas Kadis Kariaman.

KUBE yang menerima bantuan bibit babi, sebagai berikut; KUBE Desa Lokapaksa, Bubunan, Ringdikit, Banjar, Sumberkima, Patas, Tinga-tinga, dan KUBE di Desa Banjar Tegal. |NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts