Visualisasi Makhluk Mitologi dalam Karya Seni Rupa

Singaraja, koranbuleleng.com | Bentuk visualisasi makhluk mitologi dituangkan dalam sebuah karya seni rupa pameran Artifacts yang digagas Fakultas Seni Rupa, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Senin 3 Desember 2021

Lima wujud makhluk astral yang digadang-gadang terkenal di Bali dibentuk dengan material serbuk paras dari desa Sangsit. Ada Aji Pengiwa Camra Berag, Garuda Mas, Nyejek Mupu, Rerajahan serta Taru Pula dari lontar Taru Premana

- Advertisement -

Pameran dalam bentuk patung itu merupakan Tugas Akhir (TA) yang dibuat I Dewa Putu Mahesatya Kencana. Visualisasi wujud makhluk-makhluk tersebut adalah hasil dari imajinasi sendiri.

Dari masing-masing sub tema dari konsep besar karya seni patungnya. Secara garis besar, karyanya mengacu pada konsep makhluk mitologi Bali. Ia meyakini keberadaan makhluk-makhluk itu.

“Di sini pada studi khusu TA Seni Patung, saya memilih konsep tersebut, sebagai karya yang memang merupakan ketertarikan saya dalam hal-hal yang berbau mistik ataupun bernuansa horor,” ungkap Dewa Mahasatya.

Sementara itu, Koordinator Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Dr. I Ketut Sudita, mengatakan,  studi khusus ini menjadi kewajiban bagi mahasiswa untuk menekankan identitas dirinya pada bidang seni.

- Advertisement -

Pemilihan studi khusus tidak lepas dari proses dan hasil pendidikan mahasiswa dalam perkuliahan yang selanjutnya didukung dengan persetujuan para dosen. Pameran studi khusus ini diharapkan dapat menjadi media edukasi bagi mahasiswa yang lain maupun masyarakat umum.

“Galeri seni diinginkan dapat menjadi fokus poin Undiksha dalam pengembangan seni. Ke Depan generasi berikutnya bisa melihat karya karya kakaknya,” ujarnya. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts