Pola Pendidikan Karakter Pacu Siswa SD Dana Punia Raih Prestasi

Singaraja, koranbuleleng.com | Singaraja, koranbuleleng.com | SD Dana Punia Singaraja sukses meraih prestasi gemilang.  Siswa-siswi di sekolah ini sempat mengikuti lomba Denpasar Mengajar Competition IV 2021 tingkat Provinsi Bali dan berhasil menyabet 14 medali, diantaranya 4 emas, 9 perak dan 1 perunggu. Penyerahan medali dan piagam dilaksanakan, Senin, 24 Januari 2022.

Sekolah yang baru dibentuk di tahun 2017 membuktikan mampu bersaing dengan sekolah lain di Bali.

- Advertisement -

Kepala Sekolah SD Dana Punia Singaraja I Putu Ari Sudiada, S.Pd., M.Pd mengungkapkan pola Pendidikan di SD Dana Punia Singaraja sangat mengutamakan Pendidikan karakter dari para siswanya. Pola itu menciptakan kedisiplinan dan keingintahuan yang tinggi dari siswa.  

Selain itu pihak sekolah juga sangat memperhatikan kebutuhan dari siswa seperti mencarikan beasiswa bagi siswa yang kurang mampu, yang dapat menyokong siswa untuk belajar.

“Pendidikan karakternya tergantung dengan agama yang dianut masing-masing siswa. Contoh kecilnya yaitu bagaimana siswa kita jujur dan bertanggungjawab, itulah yang ingin kita tumbuhkan diawal” Ujarnya.

Ia menambahkan bahwa pihak sekolah berusaha untuk lebih maju dari sekolah lain, apalagi dengan kondisi saat ini banyak sekolah yang menggunakan metode daring dan luring. Akan tetapi hal tersebut ia rasa kurang efektif untuk pendidikan sekarang ini.

- Advertisement -

Maka dari itu SD Dana Punia Singaraja memiliki program yang lain dari sekolah lainnya yaitu home visit. Ia menceritakan kalau home visit tersebut merupakan program tambahan bisa dikatakan sebagai salah satu extrakulikuler yang ada SD Dana Punia Singaraja. Walaupun hanya sebatas extrakulikuler tapi hal tersebut merupakan program wajib yang harus diikuti oleh siswa.

“Materi yang diajarkan dalam home visit merupakan pendalaman materi yang diajarkan di sekolah. Sedangkan untuk alokasi waktunya biasanya diadakan setiap hari sabtu dan minggu dalam waktu satu jam” Jelasnya

Kedepannya SD Dana Punia Singaraja akan mengikuti kompetisi baik itu akademik ataupun non akademik, bukan hanya satu atau dua orang siswa saja, akan tetapi semua siswa harus dapat mengikuti perlombaan di tingkat manapun. Dengan adanya extrakulikulikuler tambahan diharapkan setelah tamat dari SD Dana Punia, siswa bisa membawa minimal satu keahlian baik itu akademik maupun non akademik.

“Harapan saya anak-anak harus tetap termotivasi sehingga nanti mereka akan mendapatkan posisi yang tepat sesuai minat dan bakat” Pungkasnya.|WK|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts