Kemensos Cairkan BPNT untuk Tiga Bulan

Singaraja, koranbuleleng.com | Kementerian Sosial RI mulai mencairkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).  Bantuan tersebut terhitung dari Januari hingga Maret dengan nilai Rp600.000. Jumlah penerima BPNT di Kabupaten Buleleng ini sebanyak 41.138 KPM.  Pencairan sudah dilaksanakan mulai 20 Februari – 5 Maret 2022.

Pencairan bantuan yang langsung dirapel selama tiga bulan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang dituangkan dalam surat Kemensos No 592/6/BS.01/2/2022.

- Advertisement -

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buleleng Putu Kariaman Putra mengatakan proses pencairan BPNT dilakukan secara bertahap sesuai dengan jadwal yang diberikan di masing-masing kecamatan. Pencairannya dilakukan di kantor pos masing-masing kecamatan.

“Pencairan bantuan langsung dilakukan oleh PT Pos Indonesia. Kami hanya memfasilitasi menginformasikan ke tingkat desa,” ucap Kariaman.

Ada pengurangan jumlah penerima BPNT dibandingkan akhir tahun 2021 sebanyak 42.136 KPM. 

Adanya penurunan tersebut, Dinas Sosial Buleleng mengaku tidak mengetahui apakah pencairan bantuan tahun ini akan ada tambahan atau tidak, karena data sesuai kewenangan Kementerian Sosial yang langsung diambil dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

- Advertisement -

“Mudah-mudahan bisa cair semua sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan. Kami akan lakukan pemantauan terus” pungkas Kariaman. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts