PWI Buleleng Gelar Aksi Donor Darah, Kumpulkan 54 Kantong

Singaraja, koranbuleleng com | Donor darah yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Buleleng bersama PMI Kabupaten Buleleng berhasil mengumpulkan 54 kantong darah di Gedung Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Buleleng, Selasa 1 Maret 2022. Jumlah tersebut diyakini mampu menambah stok dan bisa dipergunakan dalam kondisi emergency di hari raya Nyepi.

Dari total 69 orang yang melalui pemeriksaan kesehatan sebagai peserta donor darah, 15 orang tidak bisa melaksanakan donor karena berbagai alasan seperti tekanan darah yang tidak stabil, Hb (Hemoglobin) tidak stabil, gula darah dan lainnya.

- Advertisement -

Donor darah ini digelar serangkaian puncak Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 yang dipusatkan di Singaraja serta Pelantikan Pengurus PWI kabuoaten Buleleng periode 2021-2024, 12 Maret 2022 mendatang.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Buleleng, Made Winingsih mengatakan donor darah ini sebagai sumbangsih PWI untuk kemanusiaan. Darah ini sangat diperlukan untuk kesehatan terutama bagi pasien yang menjalani operasi bedah, cuci darah maupun untuk kebutuhan medis lainnya.

Made Winingsih menjelaskan bakti sosial lainnnya juga akan mengadakan kegiatan di Panti Asuhan Tresna Werda Jara Mara Pati di Desa Kaliasem setelah acara puncak yang diinisiasi oleh PWI Bali dan IKWI Bali.

“Itu dipusatkan di Provinsi Bali. Kita di PWI Buleleng hanya kebagian dua kegiatan saja, yakni donor darah dan lomba tiktok,” ucapnya.

- Advertisement -

Disinggung terkait target pendonor untuk kegiatan hari ini, pihaknya menjelaskan PWI Buleleng hanya menargetkan maksimal sebanyak 30 orang saja. Namun, dari list yang dikirimkan oleh masyarakat dan organisasi lainnya, ternyata terdaftar sekitar 75 orang.

“Kami juga memberikan kepercayaan kepada masyarakat Buleleng untuk ikut mendukung kegiatan program PWI Buleleng yang bertemakan “Memberi darah, memberi Kehidupan”. Aksi sosial ini sangat berarti bagi kita semua yang membutuhkan darah,” tutup Winingsih.

Sementara itu, Wakil Direktur Pelayanan Mutu, dr. Luh Widi Astiti mengungkapkan rasa terimakasihnya atas diselenggarakannya kegiatan donor dari PWI Buleleng serangkaian HPN kali ini. Dengan aksi ini, ketersediaan stok darah di PMI terjaga.

Pihaknya menambahkan, dalam menyambut perayaan hari Raya Nyepi, pelayanan PMI untuk donor darah masih dilayani sampai Rabu 2 Maret 2022 dari pukul 08.00 sampai 18.00 wita saat Pengerupukan.

“Kecuali emergency ya. Jika kita tidak punya stok darah, baru kita ambil diluar ketentuan,” jelasnya.

Aksi donor darah hari ini disambut antusias oleh salah satu pendonor asal Desa Pedawa, Yohan Saputra. Ia mengatakan, donor darah hari ini adalah yang pertama kali diikutinya.

“Ini baru pertama kali. Baru pertama masuk ke tempat donor awalnya saya merasa takut lihat jarum suntik. Tapi saya coba untuk memberanikan diri. Saya kira habis donor akan terasa pusing, tapi ternyata normal dan biasa saja,” ujarnya.

Yohan Saputra berharap, kegiatan semacam ini ke depannya agar lebih sering diadakan pada event-event tertentu, karena donor darah merupakan salah satu hal terpenting dalam berdonasi.

Kegiatan donor darah hari ini tidak luput juga dari perhatian sejumlah pejabat Lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng. Salah satunya Kepala Dinas Kominfosanti Buleleng, Ketut Suwarmawan yang turut hadir untuk menyumbangkan darahnya pada kegiatan donor darah ini.

Selain itu, Kepala Dinas Perhubungan, Gede Gunawan AP bersama sejumlah staff ikut meramaikan donor darah. Kabag Prokom Setda Pemkab Buleleng, Nyoman Agus Tri Kartika Yudha juga menyumbangkan sekantong darah dari hasil donor tersebut.

Sejumlah Prajurit TNI dari KODIM 1609/Buleleng dan personil BPBD Buleleng juga ikut mendonorkan darah. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts