Ratusan KIS Milik Warga Menyali Ditemukan di Sungai

Singaraja, koranbuleleng.com | Sebuah video tersebar di media sosial memperlihatkan 118 Kartu Indonesia Sehat (KIS) terbuang di kali Desa Menyali, Kecamatan Sawan, Buleleng dan ditemukan oleh seorang pemulung.   

Video berdurasi 51 detik yang diunggah pada Sabtu 3 Maret 2022 oleh pemilik akun  @Dex Bobo Bali Driver. Dalam video tersebut KIS yang ditemukan dalam kondisi terbungkus di dalam sebuah kantong plastik. 

- Advertisement -

Perbekel Desa Menyali I Made Jayaharta membenarkan adanya temuan ratusan KIS tersebut. Namun kejadian tersebut terjadi sekitar satu bulan yang lalu, dan telah diselesaikan bersama pihak perwakilam BPJS Kesehatan serta aparat Polsek Sawan.  Kartu tersebut diterbitkan sejak tahun 2018 untuk warga di Dusun Kawanan, Desa Menyali. 

Namun saat hendak dibagikan oleh Kepala Dusun Kawanan Made Budiasa, ternyata 25 kartu diantaranya merupakan kartu milik warga di Desa Sawan. 

Serta ada pula yang ditemukan kartu ganda. Kepala dusun pun sudah berniat untuk mengembalikan kartu itu ke Dinas Sosial Buleleng. Namun karena mengalami sakit untuk mengembalikan KIS itu pun tertunda. 

Kartu yang disimpan Made Budiasa di rumahnya tanpa sengaja dibuang oleh anaknya, saat sedang bersih-bersih rumah. 

- Advertisement -

“Perangkat desa, serta perwakilan BPJS Kesehatan dan parat Polsek Sawan sudah sempat menggelar rapat. Dalam rapat, Made Budiasa telah meminta maaf, disertai dengan surat pernyataan” katanya, minggu 6 maret 2022

Hingga saat ini, tidak ada tuntutan dari masyarakat. Permasalahan tersebut juga telah dinyatakan selesai. 

“Mungkin ada lagi yang memviralkan di sosmed.  Kadusnya tidak diberi sanksi. Kartu terbuang secara tidak sengaja. Saatbitu kadus dalam keadaan sakit” pungkasnya. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts