Pemdes Panji Jaga Ternak Warga dengan Pola Pest Control

Singaraja, koranbuleleng.com | Kesehatan hewan ternak bukan hanya dipengaruhi oleh faktor makanannya, melainkan ada juga karena faktor lain.  Salah satunya yakni lingkungan tempat hewan ternak diperlihara. Lingkungan harus diperhatikan dengan baik maka akan menjadi masalah yang besar bagi kesehatan hewan ternak itu sendiri.

Hal itulah yang saat ini sedang diperhatikan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Panji dengan menerapkan metode pest control.  Secara umum pest control merupakan proses untuk mengurangi atau mematikan berbagai macam hama yang dapat merugikan lingkungan baik itu dilingkungan rumah tangga maupun industri.

- Advertisement -

I Gede Agus Swastika dari Central Pest yang bekerjasama dengan Pemerintah Desa Panji menyebutkan bahwa untuk pest control di bidang peternakan fokusnya itu pada pengendalian hama. Misalnya pada peternakan babi itu difokuskan pada pengendalian hama seperti lalat ataupun nyamuk. Dengan melaksanakan disinfeksi di sekitaran kandang minimal seminggu sekali, namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal perlu dilakukan selama dua kali dalam seminggu. Sementara untuk pengendalian hama lalat pada sapi bisa menggunakan metode spraying yang dikombinasikan dengan pengasapan. Hal ini harus dijadwalkan secara berkala.

“Sekarang ini kan yang lagi booming untuk di ternak babi adalah scabies yang cenderung ditularkan oleh nyamuk. Maka kita disini berperan untuk dipengendalian jentik nyamuk yang merupakan penular” Ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Panji, Made Ariawan SST.Par.MBA menyampaikan bahwa hal ini merupakan salah satu tugas pemerintah khususnya pemerintah desa untuk melakukan pendampingan terhadap petani ataupun peternak dalam hal pengendalian hama. Selama ini pemerintah desa sudah mencoba berperan aktif untuk melibatkan warga yang berkecimpung di bidang pest control.

Hal ini juga merupakan suatu hal yang perlu diterapkan di pertanian desa agar bisa melakukan penanganan yang benar terhadap hama penyakit yang terdapat pada hewan ternak. Melalui metode pest control diharapkan dapat membawa dampak baik terhadap kesehatan hewan ternak yang ada di Desa Panji Khususnya.

- Advertisement -

“Dengan adanya penanganan pest control ini diharapkan ternaknya sehat, lingkungannnya juga sehat, jadi ternaknya gemuk dan sesuai dengan harapan dari para petani” pungkasnya.|WK|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts