DAPD Tingkatkan Budaya Baca Melalui Lomba

Singaraja, koranbuleleng.com │ Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) Kabupaten Buleleng kembali menggelar sejumlah lomba untuk tingkatkan minat dan budaya baca untuk generasi muda.

Lomba tersebut diantaranya lomba bercerita tingkat sekolah dasar, kemudian lomba mapidarta bahasa Bali tingkat sekolah menengah pertama dan lomba nyurat aksara Bali.

- Advertisement -

Kepala DAPD Buleleng, I Ketut Suweca, mengatakan, lomba diselenggarakan serangkaian dengan peringatan HUT Kota Singaraja ke-418 tahun 2022. Selain itu, lomba ini sebagai ajang untuk menjaring bibit-bibit terbaik untuk dipersiapkan pada lomba yang sama di tingkat Provinsi Bali maupun Nasional.

Minat baca masyarakat masih tergolong tinggi, apalagi dengan adanya kemajuan digitalisasi.  Berbagai macam buku bacaan bisa diakses melalui telepon genggam.

Meskipun demikian,  DAPD Buleleng secara rutin terjun ke desa-desa menggunakan mobil unit keliling. Hal ini sebagai upaya untuk tetap menanamkan budaya membaca sejak dini.

“Animo besar pelajar sangat dirasakan ketika dikunjungi dengan mobil pintar dan dari tahun ke tahun selalu meningkat” Kadis Suweca.

- Advertisement -

Sementara itu, Ketua Panitia lomba Nyoman Widarma menyampaikan, seluruh peserta lomba merupakan perwakilan dari masing-masing kecamatan di Kabupaten Buleleng. Dimana Lomba Bercerita Rakyat tingkat SD diikuti oleh 9 orang, dan Lomba Pidarta Bahasa Bali tingkat SMP juga diikuti 9 peserta.

Jumlah peserta juga  batasi pada tahun ini agar tidak menyebabkan kerumunan di tengah pandemic covid19.

“Jadi peserta lomba kali ini adalah yang terbaik dari masing-masing kecamatan,” ucapnya

Pada lomba kali ini, tidak hanya pemenang yang mendapat hadiah. Seluruh peserta akan diberikan hadiah. Hal itu dilakukan untuk lebih menekankan pembinaan kepada para peserta yang masih tergolong usia muda. │ET│

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts