PUTR Anggarkan 2,2 Miliar Pembangunan 270 Toilet

Singaraja, koranbuleleng.com │ Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Buleleng menganggarkan sebesar Rp2,2 miliar untuk pembangunan 270 toilet dalam program sanitasi Pembangunan Tanki Septic Skala Individu Perdesaan Di tahun 2022 ini.

Program ini akan menyasar masyarakat kurang mampu di 5 desa yang ada di wilayah Buleleng. Diantaranya di Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak. Selanjutnya di Desa Banjar Tegeha, Kecamatan Banjar. Kemudian di Desa Tegallinggah, Kecamatan Sukasada, dan Desa Tejakula serta Desa Tembok, Kecamatan Tejakula.

- Advertisement -

Kepala Dinas PUTR Buleleng, Putu Adiptha Ekaputra mengatakan, program ini memakai anggaran bersumber dari Dana alokasi Khusus (DAK) dan dikerjakan secara swadaya oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM). Saat ini, program ity sedang dibahas dan dalam proses penyusunan Perda.

“Pelaksanaan pengerjaan melalui sistem swakelola oleh KSM yang dibentuk Perbekel masing-masing. Toilet ini menyasar masyarakat kurang mampu. Besaran nilai dan jumlah toilet per desa bervariasi, tentu sesuai usulan.,” kata Adiptha, Kamis 19 Mei 2022

Pelaksanaan program sanitasi ini sudah dimulai pada bulan Maret 2022 lalu. Pembangunan dimulai dari pembuatan bilik, pemasangan kloset atau WC dan penempatan septik tank. Target program ini tuntas di akhir tahun 2022 ini. Diharapkan Program ini dapat mengedukasi masyarakat dalam menjaga pola hidup sehat.

Sementara itu. Sekretaris Desa Pemuteran, Gede Suartika mengataan, anggaran yang diterima dalam program pembangunan toilet yakni Rp 467 juta dengan target pembangunan 55 unit toilet. Setelah melakukan efisiensi.

- Advertisement -

“Semula target pembangunan 55 unit, bisa kami realisasikan jadi 65 unit toilet. Terkait ukuran bilik 1 kali 1,5 meter dengan waktu pengerjaan 10 hari dimulai akhir Maret dan rampung pada awal April 2022,” jelas Suartika.

Suartika berharap, program ini dilakukan berkelanjutan. Sebab, masih ada warga khusus di desa Pemuteran yang belum memiliki toilet.

“Usulan dari kami 300 unit. Kami berharap warga yang belum tersentuh program ini, nanti bisa menikmati tahun depan,” harapnya. │ET│

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts