Relaksasi Kredit Masih Diperlukan Pengusaha

Singaraja, koranbuleleng.com | Sektor ekonomi perlahan pulih, namun pelaku usaha masih butuh dukungan pihak perbankan untuk menjalankan usaha. Relaksasi kredit seperti yang pernah dilakukan oleh sejumlah perbankan di tengah pandemi covid19 masih perlu dilakukan agar transaksi ekonomi terus bisa bergerak.  

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana mengharapkan perbankan memberikan dukungan permodalan dengan memberikan relaksasi kredit agar para pengusaha tetap bisa menjalankan usaha paska pandemi nanti.

- Advertisement -

“Karena untuk memulai lagi butuh modal lagi. Tidak mungkin mereka bisa bangkit tanpa dibantu,” terang Agus Suradnyana usai menjadi narasumber pada kegiatan HIPMI Business Mentoring di ruang rapat unit IV, Kantor Bupati Buleleng, Sabtu 28 Mei 2022.

Agus juga berharap semakin banyak lahir pengusaha muda baru di Buleleng. Pertumbuhan jumlah pengusaha mengindikasikan perekonomian semakin membaik. Namun, hal itu juga harus dipacu dengan kemauan berusaha dan memetakan potensi dari masing-masing bisnis yang ada.  Pengusaha muda diminta berani melihat potensi investasi yang akan digarap di daerah.

“Perlu kerjasama antara kabupaten dan provinsi untuk memberikan ruang-ruang investasi yang bisa digarap bersama,” kata Agus Suradnyana.

Sementara itu, Ketua Umum Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPD HIPMI) Bali Agus Pande Widura menyebutkan jumlah pengusaha di Indonesia masih tergolong rendah,  hanya dua persen. Kondisi yang sama terjadi di Bali.

- Advertisement -

Bonus demografi 2030 akan menjadi momentum untuk memacu pertumbuhan jumlah pengusaha. Dampaknya diharapkan bisa membuka lowongan pekerjaan di masyarakat. “Dan itu bisa menaikkan keadaan perekonomian Indonesia. Dimana kita memiliki target bisa menjadi negara maju kedepannya,” sebutnya

Bonus demografi tersebut harus dimanfaatkan secara maksimal karena masih banyak ada peluang bisnis yang belum dimaksimalkan. “HIPMI Buleleng ke depanharus bisa menyebarkan virus pengusaha kepada masyarakat di Buleleng dan menjadi pengusaha-pengusaha sukses ke depan,” tutup Agus Pande Widura. |NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts