Jalan Srikandi Rusak Parah

Singaraja, koranbuleleng.com| Ruas Jalan Srikandi yang berlokasi di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada mengalami kerusakan parah. Kondisi itupun dikeluhkan pengguna jalan dan dikhawatirkan rentan mengakibatkan kecelakaan lalulintas.

Pantauan koranbuleleng.com, kerusakan parah terjadi di Gapura yang merupakan pintu masuk Desa Sambangan hingga sepanjang 20 meter ke arah selatan. Beberapa aspal terlihat mengelupas di beberapa titik. Maklum saja, jika hujan turun, jalan tersebut memang sering terendam air karena buruknya saluran drainase di jalan tersebut. Dibeberapa titik juga jalan terlihat berlubang yang dalam.

- Advertisement -

Akibat kondisi itu, para pengguna kendaraan yang melintasi jalan tersebut harus memperlambat laju kendaraan dan lebih berhati-hati. Tak ayal, kemacetan pun tidak bisa dihindarkan terutama saat dan siang hari. Mengingat, Wilayah Desa Sambangan memang daerah pemukiman padat dan juga terdapat beberapa sekolah disana. Sehingga aktivitas lalulintas pun menjadi padat.

“Terganggu, perjalanan jadi tidak aman, macet apalagi pas pagi kan padat. Saya harus memperlambat laju kendaraan saya. Menurut saya kerusannya sudah keras, bolong gitu. Harus hati-hati sekali. Setiap hujan pasti ada kerusakan, sempat ditambal oleh petugas,” kata Arya Gede Ryananda salah satu penduduk desa setempat, ditemui Rabu 1 Juni 2022.

Hal yang sama juga dirasakan, Gede Bayu Dipayana. Bayu yang juga merupakan warga Desa setempat, juga merasa sangat terganggu dengan kondisi tersebut. Karena jalan ini, merupakan jalan tercepat bagi dia untuk ke pusat Kota Singaraja.

“Saya juga banyak melihat pengendara, khususnya sepeda motor yang hampir mengalami kecelakaan di ruas jalan tersebut,” singkatnya.

- Advertisement -

Bayu berharap, Pemerintah Kabupaten Buleleng bisa cepat melakukan perbaikan terhadap ruas Jalan Srikandi. Sehingga, pengguna jalan lebih aman saat melintas.

“Harapan saya sebagai pengguna jalan, pemerintah bersungguh-sungguh memperbaiki akses jalan Desa Sambagan, karena sebelumnya jalan tersebut juga sempat ditambal tapi tidak berselang 2 bulan sudah berlubang lagi,” katanya.

Sementara, dikonfirmasi melalui sambungan telepon Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Buleleng I Putu Adiptha Eka Putra mengatakan, saat ini proses perbaikan jalan tersebut masih dalam evalusi pemenang tender di Bagian Barang dan Jasa.

Perbaikan ruas Jalan Srikandi hingga simpang tiga Desa Sambangan akan diperbaiki dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar 5,1 Miliar. Tidak hanya perbaikan, Pemerintah juga akan melaksanakan pelebaran pelebaran jalan serta dilakukan pembetonan di pinggir trotoar untuk memperkuat jalan, termasuk perbaikan pada saluran air.

“Pertengahan Juni, mudah-mudahan bisa segera. Nanti pengerjaannya pas libur sekolah, biar lebih sepi kondisi jalannya biar tidak krodit. Dipilih waktunya biar lebih sepi tidak ada macet,” katanya. |YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts