Pembangunan Plaza Kuliner Sudah Tahap Tender

Singaraja, koranbuleleng.com| Rencana pembangunan Plaza Kuliner di kawasan Pantai Penimbangan Singaraja sudah memasuki tahapan tender. Jika prosesnya lancar, maka pembangunannya akan mulai dilaksanakan pada Bulan Juli 2022 mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng Gede Dody Sukma Oktiva Askara menjelaskan, pembangunan Plaza Kuliner itu akan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022 senilai Rp4,8 miliar.

- Advertisement -

Dengan dana tersebut, Pemerintah akan membangun panggung terbuka, plaza khusus pengunjung, kios cinderamata, gedung tourism information center, toilet serta lahan parkir khusus. Bangunan tersebut akan dibangun pada tanah seluas 36 Are.

“Kita membangun sarana prasarana berupa Plaza Kuliner dengan konsep dua lantai,” ujar Dodi, Kamis, 9 Juni 2022.

Menurut Dody, terkait dengan rencana tersebut, pihaknya akan melakukan relokasi terhadap 16 pedagang. Mereka adalah pedagang yang berjualan di kawasan sebelah barat Pura Penimbangan dan timur Krisna Beach Street. Nantinya, setelah Plaza Kuliner berdiri, para pedagang ini akan menempati lokasi plaza dan diajarkan dalam bertransaksi secara semi modern.

“Kita rembug sama pedagang dan kita carikan vendor untuk melakukan itu. Kita juga akan mengedukasi proses transaksi, dari manual ke semi digital. Hidangannya juga bisa kekinian,” katanya.

- Advertisement -

Dalam proses penataan kawasan pantai penimbangan tersebut, Pemerintah dan pedagang telah melakukan pertemuan tiga kali. Hasilnya, para pedagang menyampaikan usulan, sebelum mereka di relokasi.  Salah satunya agar tarif yang dibayar pedagang tidak lebih mahal dari yang mereka bayarkan saat ini.

“Mereka juga masih enggan bertransformasi ke semi modern. Itu yang nanti pelan-pelan kita akan latih supaya bisa tercapai,” ucap Dody.

Salah satu target ketika Plaza Kuliner tersebut sudah selesai di bangun dalah bisa meningkatkan penghasilan para pedagang. Selain itu, pembangunan tersebut juga bisa menjadi daya tarik wisata baru. |YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts