Pemanasan Jelang Pemilu, Polres Buleleng Gelar Lomba Dalmas Awal

Singaraja, koranbuleleng.com|Serangkaian HUT Bhayangkara ke-76, Polres Buleleng menggelar lomba Pengendalian Massa (Dalmas) awal untuk meningkatkan kemampuan personel, lomba tersebut juga untuk latihan dalam menghadapi Pemilu 2024.

Kabag SDM Polres Buleleng, Kompol Gede Juli mengatakan menjelang Pemilu 2024, apparat keamanan wajib meningkatkan keahlian personal.

- Advertisement -

“Dalmas awal ini ada kaitannya dengan menyambut pemilu. Kita mulai dari sekarang. Agar anggota itu bisa mengingat, dan profesional dalam pelaksanaan tugas di lapangan,” ujarnya ditemui saat meninjau lomba.

Lomba Dalmas awal tersebut, dengan diikuti 20 orang personel dalam satu regu di halaman Polres Buleleng, Kamis 23 Juni 2022.  Pesertanya yakni personel Sabhara dari Polres Buleleng dan dari sembilan Polsek yang ada.

Kata Juli, dalam lomba ini penilaiannya pada sisi profesionalitas personil melakukan penangan awal jika ada unjuk rasa. Para personil Dalmas awal hanya menggunakan tali Dalmas, tidak menggunakan tameng maupun peralatan lainnya.

“Karena sifatnya hanya pencegahan. Apabila masa intensitasnya meningkat baru Dalmas. Sampai urutan terakhir ke pihak Brimob,” katanya.

- Advertisement -

Juli menyebut, penanganan Dalmas awal ini penting diketahui oleh personel Polsek. Jika terjadi unjuk rasa di tingkat Polsek, personil Dalmas awal ini yang tampil di bagian paling depan.

“Karena apabila ada kegiatan yang melibatkan massa, yang datang ke polsek menyampaikan aspirasi. Tentunya dalmas awal yang tampil paling depan,” terangnya.

Selain lomba Dalmas awal ini, Polres Buleleng juga menggelar lima lomba lainnya. Diantaranya lomba senam tongkat, senam borgol, 12 tangkisan beladiri, pengucapan tribrata, catur prasetya dan panca prasetya kopri dan 12 gerakan pengaturan lalu lintas.

Dalam lomba, 12 gerakan pengaturan lalu lintas tersebut. Ada lomba personel kepolisian melakukan olah tempat kejadian perkara dan mengatur lalu lintas saat terjadi kecelakaan lalu lintas.

Juli menambahkan, dalam lomba tersebut melibatkan 500 personel Polres Buleleng. “Kita libatkan semua dalam lomba. Jumlah total peserta lomba 500 orang,” kata dia.|YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts