Desak Rita Rebut Perunggu di Prancis

Singaraja, koranbuleleng.com | Atlet panjat tebing putri kebanggaan Indonesia, Desak Made Rita Kusuma Dewi kembali mengharumkan Indonesia dalam putaran kedua seri IFSC Climbing World Cup di Chamonix, Prancis, Minggu 10 Juli 2022 waktu setempat.

Pada nomor speed putri, Indonesia membawa pulang perunggu melalui aksi Desak Rita setelah di final perebutan tempat ketiga mengalahkan rekan senegara Rajiah Sallsabillah dengan mencetak catatan waktu 6.82 detik.

- Advertisement -

Posisi pertama diraih atlet asal Tiongkok, Deng Lijuan yang di final mencatatkan waktu 6,55 detik, mengalahkan wakil Polandia Kalucka Aleksandra di urutan kedua dengan 6.64 detik. Bagi putri kelahiran Buleleng ini, menjadikan mendali perunggu kedua di tahun 2022 setelah pekan lalu meraih hasil serupa pada Piala Dunia di Villars, Swiss.

Ketua Umum Pengurus Kabupaten FPTI Buleleng, Wahjoedi menegaskan pengukuhan Desak Rita atas dominasi atlet Indonesia lainnya patut diacungi jempol, mengingat dia menjadi mesin pedulang medali paling produktif kategori putri untuk Merah Putih.

Ketum FPTI Buleleng tak menampik jika perjuangan atletnya tidak mudah. Waktu recovery sangat singkat pasca berlaga pekan lalu mampu dilalui dengan capaian juara tiga dunia. Kedua torehan dunia ini bagi ketum FPTI Buleleng, Wahjoedi menjadi modal Desak Rita yang menjadi andalan Indonesia dalam event internasional untuk merengkuh prestasi dunia pada seri berikutnya.

“Hasil ini menjadi modal besar bagi Desak untuk prestasi dunia berikutnya baik yang akan digelar di Kota Briancon Prancis, Amerika dan puncaknya akan digelar di Jakarta 24-26 September 2022 nanti,” tegasnya, Senin 11 Juli 2022.

- Advertisement -

“Ini menjadi batu lompatan untuk menorehkan prestasi dan kita doakan Desak bisa meraih prestasi pamuncak pada even setelah ini. Kita berharap Desak Rita bisa mengukuhkan prestasi pada Olimpiade Paris tahun 2024 mendatang. Mohon doanya,” pungkas Wahjoedi.

Sebagai informasi Desak Rita bersama 21 atlet lainnya dari seluruh Indonesia, kembali bakal berlaga dilevel internasional pada putaran seri ke tiga IFSC Climbing World Cup di The World Games di Birmingham (USA) pada 14-16 Juli 2022 sebelum kembali pada putaran berikutnya di Briancon (Prancis) pada 22-23 Juli 2022.

Keikutsertaan atlet panjat tebing Indonesia ini, mengikuti kompetisi internasional adalah untuk mempersiapkan diri menuju Olimpiade 2024 nanti. tiga IFSC Climbing World Cup adalah seri kejuaraan dunia yang diadakan setiap tahun sebagai bagian persiapan para atlet untuk mengasah kemampuan dan prestasi mereka, agar bisa maksimal di Olimpiade 2024 nanti. (*)

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts