Ribuan Peserta Ikuti Seleksi Jalur Mandiri di Undiksha

Singaraja, koranbuleleng.com| Sebanyak 1.568 orang mengikuti pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Baru Jalur Mandiri (SMBJM) Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja yang digelar 11 Hingga 18 Juli 2022. Seleksi mahasiswa itu berlangsung dengan metode Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Rektor Undiksha Singaraja I Nyoman Jampel menjelaskan, pelaksanaan seleksi jalur mandiri ini akan menentukan langsung nasib peserta. Apakah mereka akan diterima atau tidak untuk berkuliah di Undiksha Singaraja.

- Advertisement -

“Undiksha konsisten menerima calon mahasiswa atas kemampuannya. Masyarakat jangan percaya kalau ada yang bilang bisa bantu meluluskan,” ujarnya ditemui Kamis, 14 Juli 2022.

Dalam proses penerimaan mahasiswa baru, salah satu yang jalur seleksinya paling ketat adalah Fakultas Kedokteran. Pasalnya, untuk tahun akademik ini, Fakultas Kedokteran hanya menerima 40 orang mahasiswa baru.

“Persaingannya sangat ketat, perbandingannya 1 banding 30. Artinya dari 30 peserta yang lolos hanya satu orang. Kelulusannya sudah diumumkan April lalu. Yang lulus ditentukan sekolah bersangkutan,” kata Jampel.

Pelaksanaan seleksi jalur SMBJM salah satunya diikuti Ratna Dewi warga Asal Kabupaten Jembrana. Menikmati bangku kuliah di Undiksha Singaraja memang menjadi keinginannya, sehingga ia pun mempersiapkan sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi.

- Advertisement -

“Persiapan mengikuti tes belajar aja. Belajar sejak dua minggu lalu. Saya alumni SMA N 1 Melaya, mau nyari jurusan D4 Akuntansi,” ujarnya.

Senada diungkapkan Luh Ayu Cintya tamatan SMK Negeri 1 Singaraja. “Mau cari jurusan PGSD. Ini baru pertama kali ikut tes. Persiapannya, ya belajar lebih awal sebelum ikut tes,” kata dia. |YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts