Pemkab Buleleng Bagikan 1.360 Bendera Merah Putih

Singaraja, koranbuleleng.com| Pemkab Buleleng membagikan 1.360 bendera Merah Putih untuk dipasang di sejumlah fasilitas umum untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia melalui Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih.  

Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng Gede Suyasa membagikan ribuan bendera tersebut melalui sembilan pemerintah kecamatan dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Kabupaten Buleleng di Lobi Athiti Wisma, Kantor Bupati Buleleng, Senin 1 Agustus 2022. Aparat pemerintahan juga membagikann bendera kepada warga.

- Advertisement -

HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini mengambil tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.  Pengibaran bendera merah putih adalah salah satu wujud rasa nasionalisme dan cinta tanah air tersebut. Pemerintah berupaya agar masyarakat lebih sadar untuk memasang bendera merah putih sebagai bentuk penghormatan dan rasa nasionalis terhadap bangsa dan Negara. Saat ini kecenderungan masyarakat untuk memasang bendera merah putih padabulan kemerdekaan sangat kurang.  “Kondisi tersebut semakin diperparah dengan maraknya muncul paham-paham yang bertentangan dengan ideologi Pancasila,” terang Suyasa.

Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih merupakan salah satu upaya dari pemerintah untuk mewujudkan dan menumbuhkan rasa patriotisme. Termasuk meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan masyarakat. Hal ini sesuai dengan arahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dimana masyarakat diminta ikut untuk menyemarakkan Hari Kemerdekaan.

Sementara itu, Ketua Panitia Tetap HUT Kemerdekaan RI yang juga Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Buleleng Ida Bagus Suadnyana menyebutkan berbagai kegiatan akan dilakukan dalam mengisi bulan kemerdekaan di tahun 2022 ini. Diawali dengan pengibaran bendera di rumah dan kantor selama sebulan penuh. Khusus di perkantoran juga telah dipasang poster, spanduk dan baliho dari tanggal 20 Juli 2022. “Kemudian ada kegiatan-kegiatan baik secara daring maupun luring,” sebutnya.

Dia menambahkan kegiatan awal yang dilakukan di bulan kemerdekaan ini adalan Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih. Kegiatan ini sesuai dengan program dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri. Di Kabupaten Buleleng, sebanyak 1.360 dibagikan kepada para camat dan dua dinas untuk dipasang di fasilitas-fasilitas umum. “Jumlah tersebut merupakan swadaya dari pimpinan perangkat daerah dan BUMD,” imbuh Suadnyana.|NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts