Atlet yang Perkuat Kontingen Buleleng Akan Jalani Tes Psikologi

Singaraja, koranbuleleng.com │ Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Buleleng akan melaksanakan test psikologi kepada para atlet yang akan disiapkan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali XV/2022 mendatang.

KONI Buleleng akan bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Undikshauntuk melakukan tes psikologi tersebut. Rencannya tes akan berlangsung pada bulan September 2022. Dari Hasil test psikologi akan dipadukan dengan hasil test fisik sebelumnya, sehingga para atlet yang terpilih akan berpotensi meraih medali emas. 

- Advertisement -

Ketua Umum KONI Buleleng, I Ketut Wiratmaja mengatakan, dalam Porprov Bali 2022, KONI Buleleng memasang sejumlah parameter untuk mempersiapkan atlet yang siap bertanding.

KONI Buleleng perlu mengukur tak hanya kemampuan fisik namun aspek psikologis juga menjadi pelengkap atlet mengantongi tiket Porprov.

“Kami ingin mengetahui bagaimana sporting spirit, dan fighting spirit mereka dalam menghadapi Porprov Bali mendatang. Tes psikologis ini sebagai salah satu parameter atlet-atlet kami yang akan berangkat,” ujar Wiratmaja, Jumat 20 Agustus 2022

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha Prof. Dr. I Ketut Gading, mengaku akan segera membentuk tim untuk melaksanakan test psikologi. 

- Advertisement -

FIP akan menunjuk akademisi yang memiliki kompetensi di bidang psikolog untuk membantu pelaksanaan tes tersebut.

“Dengan dilaksanakannya tes psikologis, atlet-atlet yang dipersiapkan untuk mewakili Buleleng memiliki kesiapan mental yang baik” katanya.

Kedepan, test ini diharapkan bisa berjalan dengan baik. Sehingga akan dilirik oleh KONI di kabupaten/kota lainnya, bahkan di tingkat provinsi. Hal ini otomatis bisa membantu KONI dalam melakukan seleksi atlet . │ET│

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts