Pustakawan Bacakan Cerita untuk Siswa Taman Kanak-kanak

Singaraja, koranbuleleng.com | Pustakawan dari Dinas Arsip dan Perpustakaan (DAPD) membacakan cerita untuk anak-anak Taman Kanak-kanak yang berkunjung ke Perpustakaan bertepatan dengan Hari Kunjung Perpustakaan, Rabu 14 September 2022. Rangkaian hari kunjung perpusatkaan ini dan agenda pembacaan cerita untuk memancing  minat baca anak di kalangan anak-anak sejak dini. 

Pada hari tersebut, anak-anak TK Kartika 73 Singaraja diundang untuk kegiatan “Read Aloud” atau mendengarkan cerita yang dibacakan oleh pustakawan.

- Advertisement -

Kepala DAPD Buleleng Made Era Oktarini menjelaskan, proses literasi harus dikenalkan sejak dini kepada anak-anak, mulai wujud buku bacaan, cara membacanya, dan memaknai bacaan tersebut. 

“Nanti anak-anak akan dibuat penasaran melalui read aloud, sengaja tidak kita bacakan semua isi ceritanya, supaya mereka nanti lanjut sendiri membacanya,” terang Era.

Sasaran kedepan, kata Era, juga mentitikberatkan pada pelajar-pelajar sekolah dasar dengan menyosialisasikan bahan bacaan juga tidak hanya buku cerita bergambar, namun juga bacaan yang menunjang pemahaman siswa terhadap pelajaran di sekolah.

“Misalnya sejarah, matematika, dan mata pelajaran lainnya, akan kita berikan dengan suasana yang lebih menyenangkan,” demikian Era.

- Advertisement -

Sementara itu, Kepala Sekolah TK Kartika Sang Ayu Setyadini menyambut baik kegiatan ini. Anak-anak didiknya tampak sangat antusias karena dapat belajar sambil bermain.

Dirinya mengharapkan kegiatan sejenis bisa semakin sering diselenggarakan, sehingga anak-anak usia dini dapat menumbuhkan minat baca. |YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts