Lihadnyana Pastikan Program Pertanian Berjalan Baik

Singaraja, koranbuleleng com | Penjabat Bupati Buleleng, Ir. Ketut Lihadnyana memastikan program pertanian di Buleleng berjalan dengan baik. Untuk itu, dia mengumpulkan sejumlah Penyuluh Pertanian dan memberikan arahan terkait pembangunan pertanian di Buleleng, Senin 3 Oktober 2022.

“Saya pertama ke Dinas Pertanian, Untuk memastikan program-program kegiatan dan juga melihat capaian di bidang pertanian karena kita sedang menghadapi dan bergelut dengan penurunan inflasi,” jelas Lihadnyana saat ditemui usai melakukan pertemuan.

- Advertisement -

Penyuluh Pertanian agar melakukan langkah-langkah strategis sesuai dengan bidangnya masing-masing.

“Kalau mengembangkan urban farming atau meningkatkan produksi pada spot-spot itu, harus menjadi strategi yang dijalankan oleh Dinas Pertanian. Yang kedua, kita juga harus bisa berkaca dari sebuah keadaan bahwa keadaan seperti ini inflasi yang terus meningkat, jangan terulang di tahun depan, itu juga menjadi kebijakan dasar bagi Dinas Pertanian untuk menyusun perencanaan menejemen produksinya,” imbuhnya.

Dalam pertemuan dengan penyuluh pertanian, Lihadnyana, juga memberikan motivasi kepada penyuluh pertanian agar dapat bekerja dengan optimal memberikan pemahaman-pemahaman kepada petani. Motivasi ini dianggap penting karena, penyuluh pertanian merupakan garda terdepan dalam melakukan interaksi dengan petani di Kabupaten Buleleng.

“Kita berkaca dari pandemi covid kemarin orang bisa menunda beli baju, beli mobil, bisa menunda bepergian tapi orang tidak bisa menunda kalau tidak ada pangan di rumahnya artinya pangan itu sangat strategis,” katanya.

- Advertisement -

Terkait lahan pertanian yang mulai menyempit, Lihadnyana meminta Dinas Pertanian harus bisa mengoptimalkan lahan yang masih ada.

“Tetapi ditengah semakin menyempitnya lahan ada program intensifikasi pertanian bukan ekstensifikasi, di program intensifikas itu adalah mengintensifkan lahan pertanian untuk bisa berproduksi semaksimal mungkin disanalah adopsi teknologi itu,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Ir. I Made Sumiarta mengatakan, jajaran Dinas Pertanian sangat mengapresiasi kedatangan Pj. Bupati Buleleng. Menurutnya, ini merupakan awal dari kebangkitan pertanian di Kabupaten Buleleng.

“Mudah mudahan dengan kepimpinan beliau, teman teman kita bisa termotivasi walaupun sebelumnya juga kita sudah bekerja secara optimal dengan adanya motivasi-motivasi yang diberikan oleh Bapak Pj. Bupati, semua jajaran pertanian nanti akan mengetahui kemana arah dan tujuan pertanian ini dibawa,” ungkapnya.

Dirinya mengaku siap untuk menginplementasikan semua keinginan dari Pj. Bupati Buleleng terkait pertanian untuk menekan inflasi di Kabupaten Buleleng.

“Kita mengidentifikasikan penanaman-penanaman berupa pertanian itu hulu, disamping juga kita memperhatikan hilirnya,” imbuhnya.

Dirinya mengatakan, selama ini Dinas Pertanian sudah terus mengupayakan peningkatan dalam sektor pertanian. Namun, kendala-kendala dilapangan membuat kegiatan yang dilaksanakam dari Dinas Pertanian belum optimal.

“Kita sebenarnya dari dinas pertanian pola-pola seperti itu sudah kita laksanakan tetapi kita belum masifkan lagi, memberikan pemahaman karena disini kepastian-kepastiannya itu yang menjadi hal terpenting ditingkat petani apakah nanti dia berproduksi,” katanya.

Masih kata Sumiarta, pemerintah akan memberikan program-program yang menyentuh langsung para petani. Untuk memberikan dampak positif terhadap ketersediaan komuditas pangan yang selama ini menjadi pemicu kenaikan inflasi dan tanpa mengesampingkan komoditas lain.

“Komoditas seperti tadi yang disampaikan oleh bapak bupati yang kita ketahui pemicu-pemicu berulang tahun seperti cabe, kemudian beras, gabah,bawang putih, bawang merah, telur dari pertenakannya, daging ayam. Tapi tadi tentu kemungkinan semua komuditas kita, karena kan Dinas kita Dinas pertanian secara luas jangan sampai nanti kita hanya fokus kekomuditas pemicu itu komuditas lain kita abaikan tidak seperti itu,” terangnya. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts