Ratusan Pelamar Panwaslu Jalani Tes CAT

Singaraja, koranbuleleng.com| Sebanyak 123 peserta yang berasal dari 9 Kecamatan, ikuti tes tertulis Computer Assisted Test (CAT) sebagai Petugas Pengawas Pemilu ditingkat kecamatan Sabtu, 15 Oktober 2022. Mereka yang lolos CAT akan menjalani tes wawancara sebagai seleksi akhir.

Ketua Bawaslu Buleleng Putu Sugi Ardana mengatakan, nantinya, 6 besar yang lolos itu akan kembali dilakukan tes wawancara. Dalam tes itu, mereka akan kembali diciutkan kembali. Sehingga nantinya, yang lolos dalam kedua tes tersebut akan dilantik sebagai panwascam pada Pemilu tahun 2024.

- Advertisement -

“Kita membutuhkan komisioner di masing-masing kecamatan itu 3 orang, jadi 2 kali kebutuhan lulus dengan seleksi sistem gugur,” ujarnya ditemui usai memantau pelaksanaan tes di SMK Negeri 2 Singaraja.

Kata Ardana, pelaksanaan tes ini sempat mengalami kendala karena gangguan pada server. Namun, hal itu bisa diatasi sehingga tes bisa kembali berjalan lancar. “kalau secara umum tidak, tetapi ada kendala teknis tadi ada server yang bermasalah,” kata dia.

Sementara, Ketua Bawaslu Provinsi Bali Ketut Ariyani mengatakan, Panwaslu bertugas untuk mengawasi proses pelaksanaan Pemilu dan penyelenggara untuk memastikan penyelenggara pemilu di bawaslu kabupaten/kota berlangsung sesuai dengan perundang-undangan.

“Tentu integritas dan netralitas dari pada penyelenggara KPU secara teknis juga tetap kita awasi dalam setiap tahapan,” ucapnya. |YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts