Desa Tembok Kelola Big Data Permudah Layanan Publik

Singaraja, koranbuleleng.com │ Desa Tembok, Kecamatan Tejakula, Buleleng siap melakukan pengelolaan data dalam skala besar atau big data.

Big data meliputi berbagai aspek data, termasuk diantaranya data kependudukan. Data kependudukan ini sangat penting dan sangat dibutuhkan dalam berbagai aktivitas.

- Advertisement -

Perbekel Desa Tembok Dewa Komang Yudi  Astra mengatakan, tujuan big data sebagai upaya mempermudah dalam pengambilan suatu keputusan dalam penyelenggaraan sistem pemerintahan di desa. Seluruh potensi akan dipetakan secara lengkap.

Salah satu contoh kemudahan big data ini, adalah dalam ajang pemilu. Biasanya, untuk mendata pemilih di lapangan memerlukan waktu sampai 2 bulan. Hal ini tentunya banyak biaya yang dikeluarkan. Dengan Adanya big data ia mengklaim hanya memerlukan waktu 30 detik saja.

Nantinya, seluruh data kependudukan akan diunggah, seperti jumlah penduduk baik yang tinggal di desa atau di perantauan, jenis, kelamin, agama, lokasi tinggal, kepemilikan lahan, hasil

”Data pemilih sudah bisa kita tagging lokasinya dengan GPS, dan kita terus update misal pemilih meninggal, atau pindah lokasi dan sebagainya, waktu yang diperlukan  sangat singkat. Hanya dengan fitur pencarian penduduk, kemudian usia penduduk. Jadi ini lebih efisien dan efektif dalam bekerja,” katanya

- Advertisement -

Mengenai data yang terkumpul dalam aplikasi, hampir seluruh potensi yang dimiliki Desa  Tembok diunggah. Namun khsus data hasil nelayan, semantara masih sulit kita karena dia belum punya sentra yang bisa mengakomodasi hasil tangkapan nelayan.

Pihak desa optimis Big data yang dicanangkan akan segera terwujud, seiring dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak kepada Desa Tembok untuk transformasi digital.

Salah satunya dengan Common Room Network Foundation. Selain membantu dalam jaringan internet, organisadi ini juga berperan membantu masyarakat untuk mengoperasikan atau menjalankan big data nantinya.

Rencananya, bid data akan di launching berbarengan dengan peresmian internet tower bamboo pada tanggal 24 Oktober 2022.,

“Data sudah hampir semua, tinggal menyempurnakan fitur-fitur dalam aplikasi yang digunakan sehingga lebih mudah pendataan dan gampang membaca datanya,” tutupnya.│ ET│

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts