Sudaji Raih Juara 2 ADWI Kategori Desa Wisata Maju

Singaraja, koranbuleleng.com │ Desa Wisata Sudaji, Kecamatan Sawan, Bulelelng berhasil meraih prestasi di ajang nasional dengan meraih Juara II Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 dalam kategori Desa Wisata Maju.

Penyerahan penghargaan berlangsung di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, pada Minggu, 30 Oktober 2022.

- Advertisement -

Ketua Pokdarwis Desa Wisata Sudaji Gede Suharsana mengatakan, mulai merintis desa wisata dari 2008 hingga pada tahun 2019. Terdapat 3 program unggulan yang dimiliki Desa Sudaji diantaranya DEWI (Desa Wisata), DEDI (Desa Wisata Digital), dan yang terakhir DEVI (Desa Wisata Virus).

Dari program DEVI ini membuat Desa Sudaji yang merupakan pelopor dari desa wisata di Buleleng berusaha membawa hal positif bagi desa lain untuk bangkit menggali potensi desanya dalam mengembangkan kepariwisataan desa.

Hal ini bertujuan agar masyarakat sejahtera dengan membuka lapangan kerja dari bidang pariwisata.

“Ini membuktikan bahwa kami bekerja. Ini untuk masyarakat desa, mudah-mudahan dengan cara begitu tahun depan ada peningkatan prestasi,”tandasnya.

- Advertisement -

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Buleleng Gede Dody Sukma Oktiva Askara mengatakan, penghargaan yang diperuntukkan untuk Desa Sudaji menjadikan desa memiliki pusat ekonomi baru dan menjadikan DTW di Buleleng semakin dikenal di tingkat nasional maupun mancanegara.

Selain itu, tidak menutup kemungkinan menjadikan Desa Sudaji sebagai objek pelaksanaan untuk studi komparasi dari kabupaten lain di Indonesia tentang pengetahuan pengembangan desa wisata.

Pada ADWI tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Buleleng akan mempersiapkan desa wisata selain Sudaji untuk ikut serta pada ADWI.

“Semoga Desa Sudaji bisa mempertahankan prestasinya, serta dapat memotivasi desa lainnya di Buleleng untuk mengoptimalisasi potensi pariwisatanya,” katanya.

Sekedar informasi, dalam ADWI tersebut ada 3 kategori yang dilombakan yaitu desa rintisan, berkembang, dan maju. Dari Bali sendiri terdapat 2 desa yang mewakili yaitu Desa Sudaji, dan Desa Undisan, Kabupaten Bangli. │ET│

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts