Bule Asal Amerika Serikat Alami Kecelakaan saat Panjat Tebing Air Terjun Aling aling

Singaraja, koranbuleleng.com| Seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Amerika, Donnel Jack Sullivan, 22 tahun, mengalami kecelakaan saat berwisata di Air Terjun Aling-aling di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Buleleng, Rabu, 2 November 2022. WNA tersebut terpeleset saat  memanjat tebing di sekitar air terjun dan tertimpa batu hingga salah satu kakinya alami luka parah.

Kapolsek Sukasada Kompol Made Agus Dwi Wirawan mengatakan, dia berangkat sendirian melalui jalur Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada, mengunjungi air terjun Aling-aling tanpa menggunakan jasa pemandu wisata. Ia tiba di objek wisata tersebut sekitar pukul 12.15 Wita, dan nekat menaiki sebuah tebing di dekat air terjun.

- Advertisement -

Sullivan, pun sempat diperingatkan oleh wisatawan mancanegara asal Prancis yang kebetulan berada di lokasi tersebut bernama Rigaud Alixis Louis Yves, 40 tahun. Namun ia tak mengindahkan peringatan tersebut dan tetap memanjat tebing setinggi sekitar 5 meter itu. Nahas, begitu di atas, ia terpeleset hingga terjatuh karena ada bagian batu tebing runtuh.

Reruntuhan batuan tajam itu menimpa betis kanannya hingga terputus. Beruntung kejadian itu diketahui Rigaud Alixis Louis Yves yang langsung menolong korban. Saat kejadian, di lokasi memang sedang sepi.

Teriakan itu didengar oleh pemandu wisata dari kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dari Desa Sambangan yang langsung menghampiri korban untuk memberikan pertolongan. Mereka segera mengikat kaki korban dengan handuk untuk mengurangi pendarahan serta membawa korban ke RS Balimed Singaraja untuk mendapat pertolongan medis.

“Korban saat ini masih bisa diajak berkomunikasi walaupun sedikit dan bisa menjawab ketika ditanya serta mengatakan dia berasal dari Amerika,” ujarnya.

- Advertisement -

Agus Dwi menambahkan, dengan adanya kejadian ini pihaknya mendorong Pokdarwis di dua desa tersebut, menambah papan atau sepanduk tanda bahaya dan menyarankan wisatawan mengajak pemandu ketika berkunjung.

“Ini agar wisatawan mengajak pemandu ketika berkunjung sehingga dapat meminimalisir musibah yang terjadi seperti kejadian saat ini,” kata dia.|YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts