Buleleng Dapat Jatah 843 PPPK Guru

Singaraja, koranbuleleng.com | Seleksi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru di Pemkab Buleleng telah dibuka.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) memberikan jatah formasi PPPK Guru untuk Buleleng sebanyak 843 formasi

- Advertisement -

Kepala BKPSDM Buleleng, Gede Wisnawa mengatakan, bukaan seleksi PPPK guru ini merupakan usulan yang dikirim oleh pihaknya kepada Menpan RB pada 2021 lalu.

Untuk proses pendaftaran telah dibuka sejak Senin 31 Oktober 2022 dan akan ditutup pada Minggu 13 November 2022.
Setelah pendaftaran ditutup, tahap selanjutnya ialah seleksi administrasi yang akan dilaksanakan hingga 15 November.

Dalam pelaksanaan tes kali ini tidak menggunakan Computer Assisted Test (CAT) lagi. Pemerintah pusat telah memutuskan akan melibatkan kepala sekolah, guru senior, pengawas, Kepala BKPSDM Buleleng dan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Buleleng dalam menguji para peserta.

“Jadi tesnya sekarang berbasis kompetensi, kemampuan dan pengalaman kerja. Pemerintah pusat telah memberikan kewenangannya kepada daerah untuk menguji peserta,” kata Winsawa.

- Advertisement -

Selain itu, pelamar dalam formasi PPPK guru kali ini dibagi menjadi empat kategori. Diantaranya Pelamar Prioritas I, Prioritas II, Prioritas III dan Umum.

Dimana untuk pelamar prioritas satu merupakan pelamar yang sebelumnya telah mengikuti seleksi PPPK Guru pada 2021 lalu dan telah memenuhi nilai ambang batas namun belum mendapatkan formasi.

Sementara Prioritas II adalah THK-II yang tidak termasuk dalam THK II pada kategori pelamar Prioritas I.

Sedangkan Priorotas III merupakan guru non ASN yang memiliki masa kerja minimal 3 tahun pada Dapodik. Sedangkan Prioritas Umum diperuntukan bagi lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang terdaftar pada database kelulusan PPG di Kemendikbud serta pelamar yang terdaftar di Dapodik.

“Jadi memang yang diprioritaskan itu pelamar yang sebelumnya mengikuti seleksi tahun lalu. Sepanjang sekolah yang dipilih tersedia formasinya. Atau kedepan kalau ada guru yang pensiun, otomatis langsung masuk,” tutup Wisnawa. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts