PUTR Buleleng Upayakan Campuran Aspal dengan Plastik

Singaraja, koranbuleleng.com| Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUTR) Buleleng akan melakukan inovasi terbaru terhadap pengaspalan jalan menuju TPA Desa Bengkala, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng. Dimana, aspal yang digunakan akan dicampur dengan pelastik. 

Kepala Dinas PUTR Buleleng I Putu Adiptha Eka Putra mengatakan, pengerjaan jalan dengan dicampur plastik ini merupakan inovasi baru. Campuran plastic dengan aspal membuat jalan menjadi lebih kuat. Sehingga, umur jalan lebih lama dan anggaran bisa dialihkan untuk perbaikan jalan lain.

- Advertisement -

“Biasanya jalan lima tahun harus rehab kembali. Tapi ketika dicampur dengan plastik, bisa tahan 10 tahun. Jadi lumayan anggaran perbaikan bisa untuk jalan yang lain,” ujar Adiptha, Kamis, 17 November 2022. 

Adiptha menyebut, nantinya pengerjaan jalan akan memasuki proses tender pada bulan Januari, dan pekerjaan dipekirakan mulai dilakukan pada Maret 2023 dengan panjang jalan dua kilometer. Dan menjadi jalan pertama di Bali yang menggunakan aspal dicampur dengan pelastik. 

Kata Adiptha, untuk satu kilometer jalan menghabiskan 1500 ton plastik. Penyerapan sampah plastik akan bekerjasama dengan TPS3R yang ada di Buleleng. Selain itu, masyarakat juga bisa menjual sampah langsung ke Dinas PUTR, sehingga memberikan penghasilan tambahan bagi masyarakat.

“Masyarakat pilah sampah di rumah bisa jual ke bank sampah atau ke PU jiga bisa. Kami beli itu untuk campuram. Sebulan terakumulasi bisa buat suport tambahan masyarakat,” katanya. 

- Advertisement -

Adiptha menambahkan, untuk proses pengaspalan jalan dengan campuran plastik, pemanasan akan dilakukan dalam dua kali. Pertama aspal akan dicampur bijih plastik yang sudah dicacah dan dibersihkan. Setelah dicampur, akan kembali dipanaskan dan dicampur aspal cair. Setelah semuanya tercampur, kemudian akan dilakukan pengaspalan menggunakan alat berat. Nantinya, dalam pengerjaan jalan tersebut juga akan melibatkan pekerja lokal. 

“Program ini kami upayakan di lahan strategis dulu.TPA Bengkala plaing tepat karena disana jalanya rusak berat dan sering dilewat kendaraan berat. Aspal campuran plastik lebih kuat. Karena rongganya lebih tertutup,” ucapnya. |YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts