KPU Buleleng Rekrut PPK, Kuota Perempuan 30 Persen

Singaraja, koranbuleleng.com| Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buleleng telah membuka seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2024 mendatang.  Pendaftaran dibuka selama 9 hari sejak Minggu, 20 – 29 November 2022. 

Ketua KPU Buleleng, Komang Dudhi Udiyana mengatakan, sampai saat ini jumlah pendaftar sudah mencapai 120 orang. Dia mengartikan dari jumlah itu, tingkat partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pemilu cukup tinggi. 

- Advertisement -

Dudhi menyebut untuk Kecamatan Seririt, hingga saat ini baru terdaftar dua orang calon PPK. Nantinya dalam masing-masing kecamatan itu minimal harus ada 10 orang yang berhasil lolos dalam seleksi. Dengan kuota perempuan sebanyak 30 persen.

“Dari 120 orang yang mendaftar kami lihat sudah banyak perempuan yang mendaftar, setiap kecamatan sudah ada. Dalam penyelenggaraan Pemilu memang diharapkan masyarakat ikut berperan aktif sebagai penyelenggara,” katanya ditemui Rabu, 23 November 2022. 

Dalam rekrutmen calon PPK, kata Dudhi tidak ada batasan periode. Sehingga masyarakat yang sebelumnya sempat menjadi anggota PPK di Pemilu sebelumnya, kini dipersilahkan untuk mendaftar kembali. Setelah pendaftaran ditutup, tahap selanjutnya ialah pelaksanaan tes dengan Computer Assisted Test (CAT), yang rencananya akan dilaksanakan di SMK 2 Singaraja.

“Kami sudah melakukan penjajakan ke SMK 2 Singaraja, di sana ada 120 unit komputer. Cukup lah untuk tes para pelamar, tinggal di sesuaikan saja jadwal dan gelombangnya,”  ucapnya.|YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts