Desa Adat Meriahkan Bulan Bahasa Bali

Singaraja, koranbuleleng.com │ Seluruh Desa adat se-Kabupaten Buleleng mulai melakukan persiapan dalam menyambut Bulan Bahasa Bali sebagai perwujudan dalam melestarikan sastra dan aksara Bali.

Salah satu Desa Adat di Kabupaten Buleleng yakni Desa Adat Buleleng telah melakukan persiapan guna menindaklanjuti Program Gubernur Bali tersebut.

- Advertisement -

Kelian Adat Desa Pakraman Buleleng Jro Nyoman Sutrisna mengatakan, dalam Bulan Bahasa Bali khususnya di Wewidangan Desa Adat Buleleng yang memiliki 14 Banjar Adat itu akan mengikuti 2 dari 3 lomba yang diinstruksikan, yaitu lomba Nyurat Aksara Bali Tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Pidarta (Pidato) Bahasa Bali antar Kelian Banjar Adat Buleleng.

Dalam kegiatan ini, pihaknya telah bersinergi dengan Penyuluh Bahasa Bali yang ada di Kecamatan Buleleng. Penyuluh ini nantinya akan diberikan SK dari Kelian Desa Adat Buleleng sekalian bertugas mengkoordinir seluruh persiapan bersama anggota panitia lainnya yang dimana sampai saat ini masih dalam tahapan koordinasi dengan para Kelian Banjar Adat. Melalui hasil koordinasi itu diputuskan 14 Banjar Adat akan mengikuti lomba tersebut. Rencana digelar pada 19 Februari 2023.

“Panitia telah memutuskan di dalam lomba nyurat aksara Bali akan diikutsertakan 14 Banjar Adat yang ada SD nya sedangkan untuk Pidarta Bahasa Bali akan diikuti oleh 14 Kelian Banjar Adat Buleleng,” ucapnya.

Pihaknya berharap dalam pelaksanaan kegiatan ini nantinya para peserta baik dari tingkat SD maupun Kelian Banjar Adat bisa mengikuti dengan tertib sesuai hasil technical meeting yang sudah dilakukan sebelumnya. Sehingga dalam perlombaan nantinya mendapatkan hasil terbaik hingga tingkat kecamatan bahkan sampai ke provinsi.

- Advertisement -

“Nantinya pemenang lomba ini akan kami fokuskan untuk mendampingi kami di Desa Adat Buleleng untuk mengikuti lomba di tingkat kecamatan” imbuhnya. │ET│

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts