18 Mahasiswa Undiksha Ikuti Program PLP-LN ke Thailand dan Filipina

Singaraja, korabuleleng.com| Sebanyak 18 orang mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, ikuti program Praktik Lapangan Persekolahan Luar Negeri (PLP-LN). Mereka yang ikut dalam program tersebut, akan menjalani praktik mengajar di Thailand dan Filipina.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Undiksha, Gede Rasben Dantes mengatakan, sebelum terpilih mengikuti program tersebut, mereka telah melewati seleksi ketat. Mulai dari English Proficiency Test (EPT), wawancara Bahasa Inggris dan terkait program PLP, dan tes psikologi.

- Advertisement -

Dari 18 mahasiswa yang terpilih. Sebanyak, 11 orang diantaranya mahasiswa program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris, 4 orang Prodi Pendidikan Biologi, 2 orang Program Pendidikan Fisika, dan 1 orang dari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Rasben menyebut, dalam program PLP-LN ini, bekerja sama dengan Prince of Songkla, Thailand dan Tarlac Agricultural University, Filipina. Mahasiswa tersebut akan mengikuti program di kedua universitas tersebut mulai 13 Februari hingga 10 Maret 2023. Pelaksanaan program ini adalah salah satu bentuk dari program internationalization at home yang dicanangkan oleh Rektor Undiksha pada tahun 2019.

“Melalui program ini, Undiksha ingin menjadi rumah belajar bagi masyarakat Internasional, baik mengambil program degree maupun non degree,” ujarnya usai pelepasan program PPL-LN, Selasa, 7 Februari 2023.

Kata Rasben, pelaksanaan program ini adalah salah satu bentuk dari program internationalization at home yang dicanangkan oleh Rektor Undiksha pada tahun 2019. Hal ini diharapkan dapat memberikan semangat dan motivasi bagi mahasiswa dalam mengikuti program internasional, baik PLP maupun program yang lain.

- Advertisement -

“Melalui program ini, Undiksha ingin menjadi rumah belajar bagi masyarakat Internasional, baik mengambil program degree maupun non degree,” kata dia.

Rasben menambahkan, mahasiswa yang mengikuti program ini adalah representasi dari Undiksha. Karena itu mahasiswa diminta menjaga sikap dan menunjukkan kemampuan akademiknya. Pasca mengikuti program, mahasiswa juga diharapkan dapat berbagi pengalaman atau praktik kepada mahasiswa lainnya.

Adapun PLP-LN kali ini dilaksanakan sepenuh secara luring. Berbeda dengan dua tahun sebelumnya yang secara daring karena adanya pandemi Covid-19. Selain dengan perguruan tinggi di Thailand dan Filipina, Undiksha juga bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di Vietnam dan Malaysia dalam program ini.|YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts